PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PARTS UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NURUL HUDA BANDUNG BARU KABUPATEN PRINGSEWU

GITHA, AMALIA (2023) PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PARTS UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NURUL HUDA BANDUNG BARU KABUPATEN PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI GITHA AMALIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan kognitif anak hal ini dikarenakan proses pembelajaran di TK Nurul Huda Bandung Baru belum terlaksana secara maksimal. Dan belum pernah diterapkannya pembelajaran menggunakan media loose parts. Karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kognitif anak melalui media loose parts di TK Nurul Huda Bandung Baru. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di kelas B usia 5-6 tahun TK Nurul Huda Bandung Baru Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu, subjek penelitian berjumlah 22 anak. Penelitian ini dilakukan dengan putaran sebanyak II siklus. Teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui dokumentasi serta observasi dengan empat tahap pada setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Analisis data yang digunakan reduksi data, display data serta penarikan kesimpulan. Serta indikator keberhasilan yang diharapkan dalam penelitian ini sebesar 75% dalam kategori berkembang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa penggunaan media loose parts dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Peningkatan dapat dilihat pada data pra penelitian dari 22 anak yang berkembang sangat baik belum ada. Setelah melakukan tindakan pada siklus I yang berkembang sangat baik ada 7 anak (31,8%), pada siklus II yang berkembang sangat baik ada 20 anak (90,0%) dan yang berkembang sesuai harapan ada 2 anak (9.1%). Penelitian ini dihentikan sampai siklus II karena sudah memenuhi standar keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu berkembang sangat baik mencapai 75% keseluruhan peserta didik. Dengan demikian maka penggunaan media loose parts dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Huda Bandung Baru Kabupaten Pringsewu. Kata Kunci : Kognitif, Media Loose Parts iii ABSTRACT This research is motivated by the lack of children's cognitive abilities, this is because the learning process at Nurul Huda Kindergarten in Bandung Baru has not been implemented optimally. And learning using media has never been implementedloose parts. Therefore, the aim of this research is to improve children's cognitive abilities through medialoose parts at Nurul Huda Kindergarten Bandung Baru. The research method used was descriptive qualitative with the type of classroom action research (PTK). The research was carried out in class B aged 5-6 years, Nurul Huda Kindergarten Bandung Baru, Adiluwih District, Pringsewu Regency, the research subjects were 22 children. This research was carried out in II cycles. Data collection techniques are obtained through documentation and observation with four stages in each cycle, namely planning, implementation, observation and reflection. Data analysis used data reduction, data display and drawing conclusions. And the expected success indicator in this research is 75% in the very well developed category. Based on the research results, it can be shown that the use of medialoose parts can improve children's cognitive abilities. Improvement can be seen in pre-research data from 22 children who are not yet developing very well. After taking action in cycle I, there were 7 children (31.8%) who developed very well, in cycle II there were 20 children (90.0%) who developed very well and 2 children (9.1%) developed as expected. This research was stopped until cycle II because it had met the previously established standards of success, namely developing very well, reaching 75% of all students. Thus, the use of medialoose parts can improve the cognitive development of children aged 5-6 years at Nurul Huda Kindergarten Bandung Baru Pringsewu Regency. Keywords: Cognitive, Media Lose Parts

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Nov 2023 08:05
Last Modified: 15 Nov 2023 08:05
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31095

Actions (login required)

View Item View Item