MEISA, KURNIA SARI (2023) PENERAPAN KONSELING PROAKTIF DENGAN PENDEKATAN SIMBOLIS UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA MAN 2 LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Konseling proaktif adalah konseling yang diberikan kepada anak muda yang menuntut konselor bersikap spontan, kreatif, fleksibel dan oportunitas serta pada saat bersamaan untuk memenuhi fungsi utama dalam proses konseling. Konseling proaktif dengan pendekatan simbolis merupakan konseling proaktif yang dalam penerapaaanya dengan menggunakan media simbol. Di sekolah MAN 2 Lampung Utara dengan salah satu misinya yakni Menyelenggarakan Pendidikan, Pengajaran, Pengabdian pada masyarakat dan kerjasama secara Profesional. Sehingga dalam hal ini interaksi sosial sangat diperhatikan oleh tenaga pengajar di sekolah tersebut, secara khusus hal ini adalah salah satu kewajiban bagi guru bimbingan dan konseling, sehingga memberikan solusi adanya kegiatan pemberian konseling proaktif dengan pendekatan simbolis bagi siswa-siswa yang ada di sekolah tersebut, sehingga diharapkan dapat mengefektifkan tujuan dari misi tersebut. Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Bagaimana Penerapan Konseling Proaktif Dengan Pendekatan Simbolis Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Di MAN 02 Lampung Utara. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Menurut sifatnya penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu menggambarkan secara lengkap data yang diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi, sember data dalam penelitian ini pemilihan informan menggunakan teknik Purposive sampling. Dengan jumlah 10 data primer yakni 2 Guru BK,7 Siswa dan 1 Waka Kesiswaan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Miles dan Huberman melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil dari penelitian Penerapan Konseling proaktif dengan pendekatan simbolis di MAN 02 Lampung Utara, menunjukkan bahwa teknik ini efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa, ini terlihat dari interaksi dengan sekitar yang lebih baik dari sebelumnya. Siswa – siswa tersebut sudah dapat memulai untuk lebih berani beriteraksi dengan orang lain secara lebih luas, sedikit demi sedikit untuk meminimalisir efek dari traumanya di masalalunya yang berhubungan dengan pembatasan interaksi sosial yang mereka lakukan, melakukan pencegahan akibat dari sebuah interaksi yang kurang efektif, serta adanya pola pikir kesiapan untuk menerima resiko dari sebuah interaksi sosial yang akan mereka lakukan kedepan. Serta terdapat sebagian besar siswa yang mengikuti iii sesi konseling lebih antusias mengikuti perlombaan di bidang ekstrakulikuler yang di sediakan oleh pihak sekolah. Kata Kunci : Konseling
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 07:28 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 07:28 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30904 |
Actions (login required)
View Item |