HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 2 DADAPAN KABUPATEN TANGGAMUS

SILVI, DWI SUSANTI (2023) HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 2 DADAPAN KABUPATEN TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI SILVI DWI SUSANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kebiasan membaca pada siswa kelas V SD Negeri 2 Dadapan Kabupaten Tanggamus masih terbilang sedang. Sedangkan kemampuan membaca siswa kelas V SD Negeri 2 Dadapan Kabupaten Tanggamus masih terbilang rendah. Hal ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran membaca yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 2 Dadapan Kabupaten Tanggamus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Dadapan Kabupaten Tanggamus, bulan Desember 2022. Populasi penelitian seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Dadapan berjumlah 33 siswa. Sampel penelitian sebanyak 20 siswa yang di tentukan menggunakan simple random sampling. Instrumen terdiri dari angket dan tes. Angket digunakan untuk mengukur kebiasaan membaca. Tes digunakan untuk mengukur kebiasaan membaca pemahaman, teknik analisa data menggunakan teknik analis korelasi sederhana. Berdasarkan perhitungan pada koefesien dengan rhitung > rtabel atau 0,506 > 0,443, dengan demikian Ha diterima. Ini berarti bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman sebesar 0,506 dan sumbangan efektifitasnya sebesar 42,6%. Kata kunci : Kebiasaan Membaca, Kemampuan Membaca Pemahaman. iii ABSTRACT The reading habits of fifth grade students at SD Negeri 2 Dadapan, Tanggamus Regency are still considered moderate. Meanwhile, the reading ability of class V students at SD Negeri 2 Dadapan, Tanggamus Regency is still relatively low. This is because the process of learning to read is monotonous. This research aims to determine the relationship between reading habits and the reading comprehension ability of fifth grade students at SD Negeri 2 Dadapan, Tanggamus Regency. This type of research is quantitative research with a correlational design. This research was carried out at SD Negeri 2 Dadapan, Tanggamus Regency, in December 2022. The research population was all class V students at SD Negeri 2 Dadapan totaling 33 students. The research sample was 20 students who were determined using simple random sampling. The instrument consists of questionnaires and tests. Questionnaires are used to measure reading habits. The test is used to measure reading comprehension habits, data analysis techniques use simple correlation analysis techniques. Based on the calculation of the coefficient with rcount > rtable or 0.506 > 0.443, Ha is thus accepted. This means that there is a positive and significant correlation between reading habits and reading comprehension ability of 0.506 and an effectiveness contribution of 42.6%. Keywords: Reading Habits, Reading Comprehension Ability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2023 03:03
Last Modified: 19 Oct 2023 03:03
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30782

Actions (login required)

View Item View Item