ANALISIS PENERAPAN KONSEP SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS PADA PASAR KREATIF SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pasar Yosomulyo Pelangi (Payungi) Kec. Metro Pusat, Kota Metro, Lampung)

Cindy, Nur Fadillah (2023) ANALISIS PENERAPAN KONSEP SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS PADA PASAR KREATIF SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pasar Yosomulyo Pelangi (Payungi) Kec. Metro Pusat, Kota Metro, Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Cindy 135.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Cindy full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pariwisata menjadi salah satu sektor strategis yang harus dikembangkan karena terkait dengan berbagai sektor pembangunan, pariwisata yang memanfaatkan potensi lokal dapat menjadi program pembangunan berkelanjutan yang sangat menjanjikan untuk peningkatan kesejahteraan. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu apakah pasar kreatif Payungi menerapkan konsep Sustainable Development Goals menurut perspektif ekonomi islam dan bagaimana kesejahteraan masyarakat terwujud setelah pasar kreatif Payungi menerapkan konsep Sustainable Development Goals. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konsep SDGs pada pasar kreatif Payungi sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat menurut perspektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kulitatif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research), sehingga peneliti menggunakan instrumen penelitian wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data-data penelitian di pasar kreatif Payungi. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder, yang mana sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara, sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari dokumentasi pasar kreatif Payungi serta jurnal dan referensi lainnya. Hasil dari penelitian ini adalah Penerapan Konsep Sustainable Development Goals Pada Pasar Kreatif Payungi Sebagai Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam dapat disimpulkan bahwa kegiatan di Payungi merupakan sebuah wadah pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian, kegiatan pemberdayaan di Payungi ini ialah suatu konsep berkelanjutan yang mengupayakan peningkatan kesejahteraan serta mendukung tercapainya konsep Sustainable Development Goals, karena Payungi telah menerapkan beberapa tujuan dari konsep SDGs. Jika dalam perspektif Maqashid Syariah Jesser Auda, tujuan SDGs yang telah Payungi terapkan dalam pilar pembangunan ekonomi tergolong dalam Muqashid Ammah, Muqashid Juz’iyyat, dan Muqashid Khassah. Kata kunci : Penerapan Konsep SDGs Pada Pasar Kreatif, Peningkatan Kesejahteraan. ABSTACT Tourism is one of the strategic sectors that must be developed because it is related to various development sectors. Tourism that utilizes local potential can be a very promising sustainable development program for increasing welfare. This research has a problem formulation, namely whether the Payungi creative market applies the Sustainable Development Goals concept according to an Islamic economic perspective and how community welfare is realized after the Payungi creative market applies the Sustainable Development Goals concept. This research aims to determine the application of the SDGs concept to the Payungi creative market as an effort to improve community welfare according to an Islamic economic perspective. This research uses a type of qualitative research with a field research approach, so that researchers use interview and documentation research instruments to collect research data on the Payungi creative market. This research uses primary and secondary data sources, where the primary data source is obtained from interviews, while the secondary data source is obtained from the Payungi creative market documentation as well as journals and other references. The results of this research are the application of the concept of Sustainable Development Goals at the Payungi Creative Market as an effort to improve community welfare. According to an Islamic economic perspective, it can be concluded that activities at Payungi are a forum for community empowerment which aims to improve the economy. This empowerment activity at Payungi is a sustainable concept that strive to increase welfare and support the achievement of the Sustainable Development Goals concept, because Payungi has implemented several goals from the SDGs concept. From the perspective of Maqashid Syariah Jesser Auda, the SDGs goals that Payungi has implemented in the pillars of economic development are included in Muqashid Ammah, Muqashid Juz'iyyat, and Muqashid Khassah. Keywords: Application of the SDGs Concept in Creative Markets, Increasing Welfare.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Oct 2023 06:46
Last Modified: 17 Oct 2023 06:46
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30746

Actions (login required)

View Item View Item