HIDAYATU, RIZKI (2023) STRATEGI DAKWAH UNTUK GENERASI MILENIAL DI ERA DIGITALISASI PADA KOMUNITAS YUK HIJRAH LAMPUNG MELALUI MEDIA SOSIAL. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (2MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Strategi Dakwah yang dilakukan Komunitas Yuk Hijrah Lampung Melalui Media Sosial. Penelitian ini sendiri dilakukan dengan pendekatan studi kasus, dimana penulis memperhatikan strategi dakwah yang dilakukan oleh komunitas Yuk Hijrah Lampung dalam menarik minat para kaum milenial melalui media sosial yang sering digunakan. Munculnya komunitas dakwah Islam generasi millenial juga menjadi solusi dalam dakwah, Salah satunya adalah Komunitas Yuk Hijrah Lampung. Komunitas Yuk Hijrah Lampung merupakan suatu kelompok yang berada di Kota Bandar Lampung. Adapun jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data berasal dari data primer yang diperoleh dari pengurus Komunitas Yuk Hijrah Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung di kantor sekretariat Komunitas Yuk Hijrah Lampung untuk mengamati aktivitas organisasi khusunya dalam memanfaatkan media sosial sebagai media dakwah, metode wawancara dilakukan dengan melakukan wawancara menggunakan pedoman wawancara yang sudah dipersiapkan kepada narasumber yang terdiri dari pengurus Komunitas Yuk Hijrah Lampung yaitu ketua komunitas dan juga ketua divisi media, 2 orang anggota aktif yang telah mengikuti kegiatan Komunitas Yuk Hijrah Lampung dan 1 orang followers atau pengikut akun @yukhijrahlampung. selanjutnya dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data yang terkait dengan sejarah, visi dan misi, struktur organisasi serta dokumentasi akun instagram @yukhijrahlampung. Sumber data sekunder berasal dari literatur yang terkait dengan penelitian serta hasil penelitian terdahulu yang relevan. Berdasarkan analisis data, temuan penelitian ini adalah strategi dakwah untuk generasi milenial di era digitalisasi pada Komunitas Yuk Hijrah Lampung melalui media sosial, sudah sejalan dengan kondisi dan juga perkembangan zaman. pemilihan media sosial instagram sebagai media dakwah oleh Komunitas Yuk Hijrah Lampung sudah sangat tepat. Hasil positif juga ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah anggota dan follower. strategi dakwah komunitas Yuk Hijrah Lampung melalui media sosial instagram mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pergerakan dan pengawasan sudah dilakukan sesuai dengan fungsinya. Faktor pendukung dalam menerapkan strategi dakwah untuk generasi milenial di era digitalisasi pada Komunitas Yuk Hijrah Lampung melalui media sosial dengan adanya motivasi dari komunitas dalam menyampaikan dakwah didukung dengan kekuatan dari media sosial instagram yang dapat dimanfaatkan seluas-luasnya untuk menyebarkan materi dakwah yang sesuai dengan kebutuhan generasi milenial. Disisi lain terdapat faktor penghambat saat ini rangkaian kegiatan hanya terpusat di Kota Bandar Lampung sehingga belum mampu mengakomodir jamaah yang ada di luar kota Bandar Lampung. Kurangnya donator yang mendukung untuk melakukan kegiatan yang membutuhkan pendanaan cukup besar. Sumberdaya Manusia atau relawan juga bisa dikatakan masih sangat kurang, sehingga hal inilah yang menyebabkan akun instagram @yukhijrahlampung pada tahun 2022 tidak terkelola dengan baik, ditambah dengan adanya persoalan intern organisasi yang saat ini sedang diselesaikan. Kata Kunci: Strategi dakwah, Komunitas Yuk Hijrah Lampung, Media Sosial
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 04:02 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 04:02 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30336 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |