SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP IT BAITUL JANNAH BANDAR LAMPUNG

ELSA, YULIANTI (2023) SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP IT BAITUL JANNAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ELSA YULIANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini yaitu dalam meningkatkan kinerja guru sudah cukup baik namun didalam pelaksanaan supervisi akademik masih ada yang belum terlaksana seperti diskusi kelompok karena jam mata pelajaran yang kadang berbeda antara satu guru dengan guru lainnya.Sehingga membuat peneliti ingin meneliti lebih dalam mengenai bagaimana kepala sekolah merencanakan, melaksanakan dan menindaklanjuti supervisi akademik serta bagaimana kepala sekolah membantu, membina dan mengarahkan guru dalam mengembangkan dan mengelola proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan program supervisi akademik, pelaksanaan program supervisi akademik, dan tindak lanjut program supervisi akademik di SMP IT Baitul Jannah Bandar Lampung Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data (reduction data) penyajian data (display data) dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepala sekolah menjalankan perannya sebagai supervisor dengan hasil: 1) Perencanaan program supervisi akademik dalam pembinaan guru bahwa mengupayakan untuk pembinaan terhadap guru, bahwa kepala sekolah memberi bantuan dalam merancang dan merencanaan program pembelajaran, mengembangkan program pembelajaran, mengelola pelaksanaan program pembelajaran, menilai proses dan hasil pembelajaran dan sebagainya, dalam pemenuhan lapangan standar bahwa kepala madrasah dalam merekrut guru sesuai dengan pemenuhan lapngan standar yaitu memiliki kemampuan kompetensi kepribadian yang baik, kompetensi pedagogic, kompetensi sosial dan kompetensi profesional dari kompetensi tersebut mencakup sebagai kriteria seorang guru. 2) Pelaksanaan program supervisi akademik ada 2 teknik supervisi yaitu supervisi kelompok dan supervisi individual : Pertemuan/Rapat, Diskusi kelompok, Workshop, Seminar, Kunjungan kelas, Pertemuan individual. Tetapi kepala sekolah tidak mengadakan teknik supervisi diskusi kelompok karena dari setiap guru masing-masing waktunya tidak sama ada guru yang memang jam pengajaran kosong, akan tetapi juga ada guru yang sedang tugas mengajar. 3) Tindak lanjut program supervisi akademik dalam Pengarahan bahwa kepala sekolah melakukan pengarahan terhadap guru mengenai peningkatan pembinaan, pembimbingan dan pengarahan kepada guru dengan memanfaatkan program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) dan memanfaatkan sarana KKG dengan berbagai kegiatan seperti workshop, IHT dan seminar, dalam Motivasi bahwa kepala madrasah melakukan pembimbingan dan pembinaan terhadap guru untuk melakukan workshop dan seminar guna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru sehingga guru memperoleh manfaat besar dari tindak lanjut program supervisi. Kata Kunci: Supervisi Akademik, Kinerja Guru iii ABSTRACT The problem in this study was that in improving teacher performance it is quite good but in the implementation of academic supervision there are still things that have not been carried out such as group discussions because subject hours sometimes differ from one teacher to another teacher. So that makes researchers want to examine more deeply about how the principal schools plan, carry out and follow up on academic supervision and how school principals assist, foster and direct teachers in developing and managing the learning process. The purpose of this study was to determine the planning of the academic supervision program, the implementation of the academic supervision program, and the follow-up of the academic supervision program at Baitul Jannah Middle School, Bandar Lampung. The research method used is a qualitative method. Source of data obtained from primary data and secondary data. The data collection techniques used were observation, interviews and documentation, while the data analysis used was data reduction, data display and conclusion. The results showed that the school principal carried out his role as a supervisor with the results: 1) Planning the academic supervision program in teacher development that seeks to foster teachers, that the madrasa head provides assistance in designing and planning learning programs, developing learning programs, managing the implementation of learning programs, assessing the process and learning outcomes and so on, in fulfilling the standard field that the madrasah head in recruiting teachers is in accordance with the fulfillment of the standard field, namely having good personality competency skills, pedagogic competence, social competence and professional competence of these competencies includes as criteria for a teacher. 2) The implementation of the academic supervision program has 2 supervision techniques, namely group supervision and individual supervision: Meetings/Meetings, Group discussions, Workshops, Seminars, Class visits, Individual meetings. However, the school principal does not hold group discussion supervision techniques because each teacher does not have the same time, there are teachers who are teaching hours empty, but there are also teachers who are on teaching duty. 3) Follow�up on the academic supervision program in the Briefing that the madrasah head briefs teachers regarding increasing coaching, mentoring and direction to teachers by utilizing the continuous professional development program (PKB) and utilizing KKG facilities with various activities such as workshops, IHT and seminars, in motivation that the madrasah head supervises and coaches teachers to conduct workshops and seminars in order to improve the quality of teacher learning so that teachers benefit greatly from the follow-up supervision program. Keywords: Academic Supervision, Teacher Performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:46
Last Modified: 13 Sep 2023 08:47
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30211

Actions (login required)

View Item View Item