PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS III SD

LILIS, RAHMAWATI (2023) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS III SD. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of LILIS FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS III SD Oleh Lilis Rahmawati Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning kelas III pada pelajaran tematik di SD N Gunung Sulah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tahap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas adalah peserta didik kelas III SD N Gunung Sulah yang berjumlah peserta didik dalam satu kelas. Objek penelitian ini adalah motivasi belajar menggunakan model Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Penelitian ini digunakan dengan dua siklus dua kali pertemuan dalam satu siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran di kelas. Hal ini dibuktikan pada refleksi awal rerata nilai siklus I memperoleh rerata nilai dan siklus II memperoleh rerata nilai . Dominasi nilai dari refleksi awal sampai siklus II pada nilai dan ; untuk nilai , dan selalu terjadi kenaikan; nilai rendah sampai pada akhir siklus bisa ditekan hingga nilai tinggal anak dan nilai tidak ada; rerata hasil tes mulai refleksi awal sampai siklus II berturut-turut ; dan dengan melihat data yang ada, sejak awal penelitian telah terjadi kenaikan-kenaikan dalam proses pembelajaran. Dari refleksi awal siklus I rerata naik ; dari siklus I ke siklus II rerata naik ; sedangkan dari refleksi awal ke siklus II rerata naik . Kata kunci: Motivasi Belajar, Problem Based Learning, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:26
Last Modified: 13 Sep 2023 07:26
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30209

Actions (login required)

View Item View Item