IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DI MTS NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

Okla, Fratiwi (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DI MTS NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI OKLA FRATIWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang penulis temukan bersifat positif dimana kurikulum di madrasah ini mempunyai kekhasan sendiri yaitu pengembangan kurikulum tidak hanya mengutamakan dari ilmu pengetahuan umum saja akan tetapi juga lebih mengutamakan ilmu keagamaan yang porsinya lebih banyak, sehingga madrasah ini bertujuan untuk membina siswa agar berkpribadian muslim sesuai dengan ajaran-ajaran agama islam. Oleh karena itu, penulis berusaha mencari keunikan-keunikan dan informasi terkait implementasi manajemen kurikulum di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen kurikulum di MTs Negeri 2 Bandar Lampung yang berkaitan dengan 1) perencanaan kurikulum 2) pelaksanaan kurikulum dan 3) evaluasi kurikulum. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif, dimana yang menjadi subjek adalah kepala madrasah, waka kurikulum, guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah diperoleh dianalisis dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan triangulasi yang digunakan untuk mengecek data penulis menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan kurikulum di MTs Negeri 2 Bandar Lampung sudah terlaksana hal ini dibuktikan dengan terbentuknya tim pengembang kurikulum dalam menentukan arah kurikulum dimadrasah 2) Pada pelaksanaan kurikulum di MTs Negeri 2 Bandar Lampung memiliki dua tingkatan yaitu pelaksanaan kurikulum tingkat madrasah dan pelaksanaan kurikulum tingkat kelas. Pada pelaksanaan kurikulum tingkat madrasah kepala madrasah melakukan kegiatan seperti menyusun kalender pendidikan, melakukan koordinasi kegiatan guru, menyusun rencana tahunan, menyusun rapat dan menyusun jadwal pelaksanaan kegiatan, sedangkan pada pelaksanaan kurikulum tingkat kelas guru yang akan bertanggung jawab dalam proses belajar mengajar dikelas yang dimana setiap guru harus membuat program tahunan, program semester, rencana pembelajaran, dan harus siap menyusun dokumen pembelajaran sebelum tahun ajaran dimulai 3) Evaluasi kurikulum di MTs Negeri 2 Bandar Lampung akan diadakan rapat dengan guru dan staff madrasah untuk menilai kurikulum yang dijalankan. Dan secara garis besar madrasah ini juga melakukan penilaian hasil belajar dikelas menggunakan evaluasi pola formatif dan sumatif yaitu penilaian ulangan harian, ulangan praktek yang bersifat ujian tertulis/lisan dan ulangan semester maupun akhir semester. Kata Kunci: Kurikulum, Manajemen Kurikulum iii ABSTRACT The problem that the author found was positive where the curriculum in this madrasa has its own peculiarities, namely curriculum development not only prioritizing general knowledge but also prioritizing religious knowledge which has a larger portion, so that this madrasa aims to foster students to have Muslim personalities in accordance with Islamic religious teachings. Therefore, the author tries to find information related to the implementation of curriculum management at MTs Negeri 2 Bandar Lampung. This study aims to describe the implementation of curriculum management at MTs Negeri 2 Bandar Lampung related to 1) curriculum planning 2) curriculum implementation and 3) curriculum evaluation. The type of research used in this research was descriptive qualitative, in which the subjects were the head of the madrasah, deputy head of curriculum, teachers and students. Data collection techniques were interviews, observation and documentation. Then the data that has been obtained is analyzed with the stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. While the triangulation used to check the author's data uses source triangulation. The results showed that: 1) Curriculum planning at MTs Negeri 2 Bandar Lampung has been carried out, this was evidenced by the formation of a curriculum development team in determining the direction of the curriculum in madrasas 2) The implementation of the curriculum at MTs Negeri 2 Bandar Lampung has two levels, namely the implementation of the madrasah level curriculum and classroom level curriculum implementation. In the implementation of the madrasah level curriculum the madrasa head performs activities such as compiling educational calendars, coordinating teacher activities, compiling annual plans, arranging meetings and compiling schedules for carrying out activities, whereas in implementing the class level curriculum the teacher will be responsible for the teaching and learning process in class where each teachers must make annual programs, semester programs, lesson plans, and must be prepared to compile learning documents before the school year begins 3) Evaluation of the curriculum at MTs Negeri 2 Bandar Lampung will hold a meeting with teachers and madrasa staff to assess the curriculum being implemented. And in general this madrasah also conducts assessments of learning outcomes both formative and summative pattern evaluations, namely daily test assessments, practical tests which are written/oral examinations and semester and end-of-semester tests. Keywords: Curriculum, Curriculum Management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:19
Last Modified: 30 Aug 2023 07:19
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30009

Actions (login required)

View Item View Item