META, MONIKA (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI BERBANTUAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI WAY NGISON KABUPATEN LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari strategi pembelajaran ekspositori berbantuan media video interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Negeri Way Ngison Kabupaten Lampung Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yang merupakan salah satu metode kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental Design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen (kelas V A) menggunakan strategi pembelajaran ekspositori berbantuan media video interaktif yang berjumlah 23 peserta didik dan kelompok kontrol (kelas V B) menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM) berbantuan media video interaktif yang berjumlah 21 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bawa berdasarkan hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya maka dapat diketahui bahwa nilai thitung < ttabel = 0,009 < 0,05. Dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi pmbelajaran ekspositori berbantuan media video interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Negeri Way Ngison Kabupaten Lampung Barat. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Ekspositori, Media Video Interaktif, Kemampuan Berpikir Kritis iii ABSTRACT The purpose of this study was to determine the significant effect of expository learning strategies assisted by interactive video media on the critical thinking skills of fifth grade students at SD Negeri Way Ngison, West Lampung Regency. The method used in this study is the experimental method which is one of the quantitative methods with a Quasi Experimental Design. In this design there are two groups, namely the experimental group (grade 5 A) using an expository learning strategy assisted by interactive video media, totaling 23 students and the control group (class 5 B) using a problem-based learning strategy (SPBM) assisted by interactive video media, totaling 21 students. The sampling technique uses Purposive Sampling. Data collection techniques in this study used a written test. Based on the results of the research and discussion, it can be concluded that based on the hypotheses that have been formulated previously, it can be seen that the value of tcount < ttable = 0.009 < 0.05. Thus H1 is accepted and H0 is rejected. So it can be concluded that there is a significant influence of the expository learning strategy assisted by interactive video media on the critical thinking skills of fifth grade students at SD Negeri Way Ngison, West Lampung Regency. Keywords: Expository Learning Strategy, Interactive Video Media, Critical Thinking Ability
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 03:53 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 03:53 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29907 |
Actions (login required)
View Item |