Nadila, Fitriansyah (2023) ANALISIS PENGARUH STRATEGI EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KCP. Tanjung Karang). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Persaingan pada industri perbankan menuntut perusahaan untuk mempertahankan pelanggan dan mencari inovasi terbaru agar pelanggan tertarik dan menjadi loyal. Salah satu strategi yang dapat digunakan perbankan untuk mewujudkan loyalitas nasabah yaitu strategi Experiential Marketing. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Sense, Feel, Think, Act, Relate berpengaruh terhadap loyalitas nasabah baik secara parsial maupun simultan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Sense, Feel, Think, Act, Relate terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10% sehingga diperoleh 100 responden nasabah pada Bank Syariah Indonesia KCP. Tanjung Karang. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan alat analisis SPSS 25. Hasil penelitian ini dalam Uji (t) terlihat bahwa variabel sense memiliki signifikasi sebesar 0,01. Hal ini berarti bahwa taraf signifikansi kurang dari 0,05 (0,0,1 < 0,05 ). variabel feel memiliki nilai signifikansi 0,000. variabel think memiliki nilai signifikansi 0,02. variabel act memiliki nilai signifikansi 0,000. variabel relate memiliki nilai signifikansi 0,00. Maka dapat disimpulkan bahwa sense, feel, thin, act dan relate berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Hasil Uji (f) menunjukkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan nilai Fhitung 22,080 > 2,31 Ftabel. Hal ini menunjukkan bahwa variabel sense, feel, think, act, dan relate berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas nasabah. Berarti loyalitas nasabah dipengaruhi variabel secara bersamaan yaitu sense, feel, think, act, dan relate . Kata Kunci : Experiential Marketing, Loyalitas, dan Bank Syariah. ABSTRAK Competition in the banking industry requires companies to retain customers and look for the latest innovations so that customers are interested and become loyal. One of the strategies that banks can use to realize customer loyalty is the Experiential Marketing strategy. So the formulation of the problem in this study is whether Sense, Feel, Think, Act, Relate affect customer loyalty both partially and simultaneously. The purpose of this study was to determine the effect of Sense, Feel, Think, Act, Relate on customer loyalty. This research uses quantitative research. Sampling in this study using the slovin formula with an error rate of 10% so that 100 customer respondents were obtained at Bank Syariah Indonesia KCP. Tanjung Karang. While the data analysis method used in this study is multiple linear regression analysis with SPSS 25 analysis tools. The results of this study in the test (t) show that the sense variable has a significance of 0.01. This means the significance level is less than 0.05 (0.0.1 < 0.05). feel variable has a significance value of 0.000. think variable has a significance value of 0.02. the act variable has a significance value of 0.000. the relate variable has a significance value of 0.00. So it can be concluded that sense, feel, thin, act and relate have a significant effect on customer loyalty. The test results (f) show a significance value of 0.00 <0.05 and an Fcount value of 22.080> 2.31 Ftable. This shows that the variables sense, feel, think, act, and relate simultaneously affect customer loyalty. Keyword : Experiential Marketing, Loyalty, and Islamic Banking.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 02:47 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 02:47 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29629 |
Actions (login required)
View Item |