Alfina, Juliyanti (2023) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (5MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Manajemen peserta didik di madrasah sudah terlaksana dilihat dari banyak nya alumni madrasah yang melanjutkan pendidikan di madrasah yang memiliki akreditasi bagus serta tinggi nya minat calon peserta didik untuk mendaftar di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lampung Selatan, tentu nya dalam hal ini terdapat pengelolaan manajemen peserta didik di Madrasah Tsanawiyah negeri 1 lampung selatan yang sudah terlaksana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskrisikan manajemen peserta didik di MTsN 1 Lampung Selatan dalam kegiatan rekrutmen peserta didik, pembinaan dan pengembangan peserta didik serta kelulusan dan alumni. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dekskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan uji kebsahan data menggunakan triangulasi sumber. Dengan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Inforan dalam penelitian ini diproleh langsung dari kepala madrasah, wakil ketua kesiswaan, dan guru bimbingan konseling (BK di MTsN 1 Lampung Selatan. Teknik pengumpulan data dalam Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lampung Selatan dalam Kegiatan penerimaan peserta didik di MTsN 1 Lampung Selatan yaitu dengan menggunakan sistem seleksi, setelah semua jadwal kegiatan sudah selesai dan keluar surat penerimaan peserta didik baru maka dibentuk panitia penerimaan peserta didik baru, pembentukan dan pengiriman informasi mengenai penerimaan peserta didik baru, dilakukan pendaftaran, tes seleksi, pengumuman peserta didik yang diterima, daftar ulang calon peserta didik, pengumuman peserta didik cadangan yang diterima dan pendaftaran ulang peserta didik cadangan. Kegiatan pembinaan dan pengembangan peserta didik di MTsN 1 Lampung Selatan, dalam pengembangan diri di MTsN 1 Lampung selatan sudah terlaksana dilihat dari banyaknya peserta didik yang mendapatkan juara ketika mengikuti cabang perlombaan baik secara akademik seperti lomba debat dan sains maupun dari non akademik seperti lomba olahraga dan kesenian. Sedangkan untuk pembinaan peserta didik di MTsN 1 Lampung Selatan dalam layanan bimbingan konseling kegiatan ini pasti dilakukan setiap 1 bulan sekali di kelas kelas. Dalam kelulusan dan alumni dari pihak madrasah tidak membentuk suatu organisasi alumni yang resmi tetapi para alumni memiliki grup di tiap angkatan dan memiliki ketua agar memudahkan berkomunikasi antar madrasah dan alumni. Kata kunci: Manajemen Peserta Didik iii ABSTRACT Management of students in madrasas has been carried out, seen from the large number of madrasa alumni who continue their education in madrasas that have good accreditation and high interest in prospective students to register at Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 South Lampung, of course in this case there is management of student management at Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lampung Selatan which has been implemented. The purpose of this research is to describe the management of students at MTsN 1 South Lampung in the activities of student recruitment, coaching and development of students as well as graduation and alumni. This type of research uses a descriptive qualitative approach, data collection techniques in this study were observation, interviews, documentation and testing the validity of the data using source triangulation. With data analysis techniques was use data reduction, data presentation and drawing conclusions. The informants in this study were obtained directly from the head of the madrasah, deputy head of student affairs, and guidance and counseling teachers (BK) at MTsN 1 South Lampung. Based on the results of the study, it was shown that the Management of Students at Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 South Lampung in the acceptance of students at MTsN 1 South Lampung, namely by using a selection system, after all activity schedules had been completed and new student acceptance letters came out, a student acceptance committee was formed. registration, selection tests, announcement of accepted students, re-registration of prospective students, announcement of accepted reserve students and re-registration of reserve students. The coaching and development activities of students at MTsN 1 South Lampung, in self-development at MTsN 1 South Lampung have been carried out, seen from the number of students who won prizes when participating in competitions both academically such as debate and science competitions and from non-academic such as sports competitions and art. Whereas for coaching students at MTsN 1 South Lampung in guidance and counseling services, this activity must be carried out once every 1 month in the classroom. In graduation and alumni from the madrasah, they do not form an official alumni organization, but the alumni have groups in each class and have a chairman to make it easier to communicate between madrasas and alumni. Keywords: Student Management
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 04:32 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 04:32 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29430 |
Actions (login required)
View Item |