IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN DI MADRASAH TSANAWIYAH AL HIKMAH BANDAR LAMPUNG

MUHAMMAD, RIZKI PRAYOGA (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN DI MADRASAH TSANAWIYAH AL HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.PDF] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUHAMMAD RIZKI PRAYOGA.PDF] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Implementasi merupakan suatu rangkaian aktivitas kebijakan dalam memperoleh suatu hasil sebagaimana yang diharapkan. Manajemen Kesiswaan merupakan proses pengurusan segala hal yang berkaitan dengan siswa, pembinaan sekolah mulai dari penerimaan siswa, pembinaan siswa berada disekolah, sampai dengan siswa menamatkan sekolahnya di lembaga tersebut. Dengan manajemen kesiswaan ini bahwa manajemen kesiswaan merupakan pengontrol proses kegiatan pendidikan di sekolah yang berkaitan dengan siswa disekolah seperti analisa kebutuhan peserta didik, rekruitmen peserta didik, seleksi peserta didik, orientasi peserta didik, penempatan peserta didik, pencatatan dan pelaporan peserta didik, pembinaan dan pengembangan peserta didik, kelulusan dan alumni. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa terlaksananya program manajemen kesiswaan di MTS Al Hikmah, agar terwujudnya sistem pendidikan nasional tadi yang ada di dalam undang-undang RI No.20 tahun 2003. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan meneliti dilapangan. Sumber yang diperoleh menggunakan data primer yang dijadikan sebagai acuan dalam penelitian dan penulisan skripsi, pada penelitian ini data primer yang dijadikan data utama dan didukung dengan data sekunder seperti jurnal, buku. Dan dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, kemudian penyajian data dan simpulkan. Peneliti menggunakan triangulasi sumber sebagai alat uji keabsahan data. Dari hasil penelitian ini bahwa MTS Al Hikmah Bandar Lampung berjalan baik. Hal ini dapat dilihat dari indikator-indikator implementasi manajemen peserta didik yang telah terlaksana seperti 1). Analisa kebutuhan peserta didik yang mana seluruh dewan guru serta staf mengadakan rapat untuk menentukan jumlah peserta didik, 2). Rekruitmen peserta didik mengacu pada analisis kebutuhan yang mana dijalankan sesuai dengan kesepakatan bersama, 3). Seleksi peserta didik untuk mengetahui kemampuan atau pengetahuan minat, bakat calon peserta didik, 4). Orientasi peserta didik dilakukan untuk lebih mengenal lingkungan fisik sekolah, dan lingkungan sosial sekolah, 5). Penempatan peserta didik dilaksanakan berdasarkan pertimbangan hasil tes dan juga melihat dari minat, bakat calon iii peserta didik, 6) pencatatan dan pelaporan peserta didik dimulai ketika peserta didik ditetapkan sebagai siswa madrasah sampai lulus dari madrasah, 7). Pembinaan dan pengembangan peserta didik dilakukan agar peserta didik mendapatkan bermacam-macam pengalaman belajar untuk ia menjalani kehidupan kedepannya, 8). Kelulusan dan alumni yang mana proses tahapan pembelajaran di madrasah dari ulangan harian, ujian madrasah sampai mendapatkan sertifikat atau ijazah, mereka akan masuk kedalam wadah yaitu IKAL (Ikatan Keluarga Alumni). Kata Kunci : Implementasi, Manajemen, Kesiswaan. iv ABSTRACT Implementation is a series of policy activities in obtaining a result as expected. Student Management is the process of managing all matters related to students, school development starting from student admissions, coaching students at school, until students finish school at the institution. With this student management that student management is controlling the process of educational activities in schools related to students in schools such as analysis of student needs, student recruitment, student selection, student orientation, student placement, student recording and reporting, coaching and development students, graduates and alumni. The purpose of this study is to find out how well the student management program is implemented at MTS Al Hikmah, so that the national education system is realized in RI Law No.20 of 2003. This research uses descriptive qualitative research in the field. Sources obtained using primary data which is used as a reference in research and thesis writing, in this study primary data is used as main data and supported by secondary data such as journals, books. And in collecting data the researchers used techniques namely interviews, observation, and documentation. Data analysis techniques with data reduction, then data presentation and conclusions. Researchers use source triangulation as a tool to test the validity of the data. From the results of this study that MTS Al Hikmah Bandar Lampung is running well. This can be seen from the indicators of student management implementation that have been implemented as 1). Analysis of the needs of students where the entire board of teachers and staff held a meeting to determine the number of students, 2). Recruitment of students refers to a needs analysis which is carried out in accordance with a mutual agreement, 3). Selection of students to determine the ability or knowledge of interests, talents of prospective students, 4). Student orientation is carried out to get to know the physical environment of the school and the social environment of the school, 5). Placement of students is carried out based on consideration of test results and also looking at the interests and talents of prospective students, 6) recording and reporting of students begins when students are designated as madrasa students until graduating from madrasah, 7). Guidance and development of v students is carried out so that students get various learning experiences for them to live their lives in the future, 8). Graduates and alumni, which is the process of learning at the madrasah from daily tests, madrasa exams to obtaining a certificate or diploma, they will enter into a forum, namely IKAL (Alumni Family Association). Keywords: Implementation, Management, Studentship.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:46
Last Modified: 07 Aug 2023 06:46
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29376

Actions (login required)

View Item View Item