PENGARUH MEDIA CARD MATCH CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN KOLABORASI DI KELAS IV MI RAUDLATUL ULUM SUNGKAI SELATAN LAMPUNG UTARA

ROSSA, AULIA FAJRIANI (2023) PENGARUH MEDIA CARD MATCH CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN KOLABORASI DI KELAS IV MI RAUDLATUL ULUM SUNGKAI SELATAN LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of ROSSA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kolaborasi siswa pada pembelajaran IPS kelas iv mi. Permasalahannya adalah kurangnya media yang bervariasi pada saat pembelajaran IPS. Pembelajaran IPS diharapkan siswa mampu meningkatkan keterampilan kolaborasi dalam diskusi belajar. Dalam hal ini peneliti mencoba untuk menerapkan media card match circle dalam meningkatkan kolaborasi siswa dikelas IV MI Raudlatul Ulum Sungkai Selatan Lampung Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media card match circle untuk meningkatkan kolaborasi siswa dikelas IV MI Raudlatul Ulum Sungkai Selatan Lampung Utara. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental design dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. populasi yang digunakan pada penelitian ini terdapat 34 siswa dan sampel 2 kelas dengan masing masing kelas 17 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Probabilitu Sampling. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. skala pengukuran yang digunakan yaitu skala likert. teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil uji hipotesis Independent Sample T-Test yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan Sig. (2-tailed) 0,000 ˂ 0,05 artinya media Card Match Circle memberikan pengaruh signifikan terhadap kolaborasi siswa di kelas IV MI Raudlatul Ulum Sungkai Selatan Lampung Utara. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh signifikan media Card Match Circle untuk meningkatkan kolaborasi siswa dikelas IV MI Raudlatul Ulum Sungkai Selatan Lampung Utara. Kata Kunci : Media Card Match Circle, Keterampilan Kolaborasi ii ABSTRACT This research is motivated by the lack of student collaboration in social studies class IV mi. The problem is the lack of varied media in social studies learning. In IPS learning, students are expected to be able to improve their collaborative skills in learning discussions. In this case, the researcher tries to apply Card Match Circle media to improve student collaboration in Class IV, MI Raudlatul Ulum Sungkai Selatan, Lampung Utara. This study aims to determine the effect of Card Match Circle media to improve student collaboration in Class IV, MI Raudlatul Ulum Sungkai Selatan, Lampung Utara. This research is quantitative research and the type of research used is quasi-experimental design in the form of pre-test post-test control group design. The population used in this study consisted of 34 students and a sample of 2 classes with 17 students in each class. The sampling technique used is probability sampling. Data collection techniques used are interviews, observations, questionnaires and documentation. The Likert scale is used as the measuring scale. The data analysis technique used is the normality test, the homogeneity test, and the hypothesis test. The results of this study show that from the results of the independent-samples t-test hypothesis test conducted in the experimental class and the control class, Sig. (2-sided) 0.000˂0.05 means that the Card Match Circle -Media have a significant impact on student collaboration in Class IV MI Raudlatul Ulum Sungkai Selatan, Lampung Utara. From this it can be concluded that the hypothesis is rejected and accepted, which means that there is a significant influence of the Card Match Circle media to improve the collaboration of the students in Class IV MI Raudlatul Ulum Sungkai Selatan, Lampung Utara. Keywords: Media Card Match Circle, Collaboration Skills

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:56
Last Modified: 07 Aug 2023 05:17
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29371

Actions (login required)

View Item View Item