NIDA, LUTHFI FADHILLAH (2023) MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (5MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Sekolah merupakan tempat dan proses berlangsungnya pendidikan. Dalam proses tersebut perlu diterapkannya manajemen kelas yang nantinya akan menciptakan interaksi yang baik antara guru-peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Manajemen kelas merupakan keterampilan yang dimiliki guru dalam mengendalikan gangguan yang terjadi dalam kondisi kelas yang kondusif. Manajemen kelas yang baik adalah tentang menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, penggunaan fasilitas dengan memperhatikan kebutuhan peserta didik baik secara individu maupun kelompok. Berdasarkan pra survey yang penulis lakukan dalam pelaksanaan kegiatan belajar menagajar mata pelajaran PAI di kelas XII IPA 3 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung ditemukan ada beberapa hambatan dalam meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaran di kelas salah satunya tidak adanya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran dan perasaan tidak senang siswa dalam pembelajaran. faktor tersebut menjadikan kerangka berfikir beberapa siswa memiliki standar yang rendah, sehingga keaktifan belajar secara implikatif kurang efektif, dan kurang tegasnya kode etik siswa yang diterapkan dalam kelas itu juga berpengaruh pada minat pembelajaran sehingga menjadikan kualitas pembelajaran yang rendah. Berdasarkan uraian tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini ialah, 1) Bagaimana menciptakan iklim belajar yang tepat dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung? 2) Bagaimana hubungan interpersonal belajar dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung? 3) Bagaimana pengaturan siswa dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung? 4) Bagaimana pengaturan fasilitas belajar dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung?. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: dalam menciptakan iklim belajar guru harus memahami keinginan siswa serta senantiasa melakukan pengaplikasian metode pembelajaran yang tepat danmenarik untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif. Untuk membangun hubungan interpersonal belajar harus ada komunikasi yang baik dan adanya pendekatan antara guru dengan peserta didik, guru harus memahami lingkup komunikasi siswa. Adanya pengaturan peserta didik, dan adanya pengaturan fasilitas dalam menunjang minat belajar peserta didik. Kata Kunci: Manajemen Kelas, Minat Belajar iv ABSTRACT School is a place and process of education. In this process it is necessary to implement classroom management which will create good interaction between teachers and students so that learning objectives can be achieved. Classroom management is a skill possessed by teachers in controlling disturbances that occur in conducive classroom conditions. Good classroom management is about creating a conducive learning environment, using facilities by taking into account the needs of students both individually and in groups. Based on the pre-survey that the author conducted in carrying out teaching and learning activities for PAI subjects in class XII IPA 3 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung, it was found that there were several obstacles in increasing students' interest in learning in class, one of which was the lack of involvement of students in learning and feelings of displeasure. students in learning. These factors make the frame of mind of some students have low standards, so that active learning is implicatively less effective, and the lack of strictness of the student code of ethics applied in the class also affects interest in learning so that the quality of learning is low. Based on this description, the formulation of the problem in this study is, 1) How to create the right learning climate in increasing students' interest in learning at SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung? 2) How is the interpersonal relationship of learning in increasing students' interest in learning at SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung? 3) How do students manage to increase students' interest in learning at SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung? 4) How is the arrangement of learning facilities in increasing students' interest in learning at SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung?. This study used a qualitative descriptive method, with data collection techniques using interviews, observation and documentation. Data validity test was carried out by source triangulation. Data analysis in this study uses data reduction, data presentation, drawing conclusions. The results of this study indicate that: in creating a learning climate the teacher must understand the desires of students and always apply appropriate and interesting learning methods to create a conducive classroom atmosphere. To build interpersonal learning relationships there must be good communication and an approach between the teacher and students, the teacher must understand the scope of student communication. There are student arrangements, and there are facility arrangements to support student learning interests. Keywords: Classroom Management, Interest in Learning
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 02:44 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 02:44 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29331 |
Actions (login required)
View Item |