PENERAPAN KOLASE AMPAS KELAPA DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS DI PAUD SERUNI SUKARAME BANDAR LAMPUNG

PRISTIKA, MARSHA (2023) PENERAPAN KOLASE AMPAS KELAPA DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS DI PAUD SERUNI SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of MARSHA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Aspek perkembangan anak khususnya perkembangan fisik�motorik sangatlah penting untuk melatih koordinasi gerakan yang melibatkan bagian tubuh. Motorik halus merupakan perkembangan yang menekankan kemampuan menggerakan jari-jemari, kemampuan menggerakan jari-jemari dan pergelangan tangan, kemampuan jamari tangan yang membutuhkan kecermatan mata dan ketekunan. Motorik halus berkembang secara optimal pada usia tahun. Kolase ampas kelapa merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan motorik halus karena dalam pelaksanaanya, seperti : meremas, megoles lem, membuka dan menutup objek, menempel, menulis, menyusun, menjumput merupakan kegiatan yang melatih otot-otot halus tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkapkan bagaimana penerapan kolase ampas kelapa dalam mengembangkan motorik halus anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif�kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia - tahun yang berjumlah orang anak dan orang guru yang mengajar disana. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, dan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan tringulasi sumber dan waktu. Berdasarkan hasil observasi terhadap kolase ampas kelapa terdapat sebuah keunggulan yang berada di PAUD Seruni. Sebelum melakukan kolase pada usia - tahun terdapat kegiatan seperti : guru mempersiapkan peralatan gelas, yang sudah diberi pewarna, piring yang sudah diberi ampas kelapa, pesertadidik memakai sarung tangan plastik kemudian pesertadidik meremas-remas ampas kelapa sampai dengan merata, langkah terakhir menjemur dengan menyusun dibawah sinar matahari, dilanjutkan dengan kegiatan kolase ampas kelapa. Kegiatan kolase ampas kelapa berlangsung sangat dibutuhkan untuk mengembangkan motororik halus, dikarenakan pada usia tahun usia yang optimal dalam mengembangkan semua aspek khususnya motorik halus. Perkembangan motorik halus merupakan kemampuan jari�jemari tangan tangan yang membutuhkan kecermatan dan ketekunan yang tinggi, kegiatan ini seperti: memegang benda, meremas, menulis, memegang pensil, menggunakan crayon, menempel, menyusun, menjiplak, menjumput dan menggunting. Kata Kunci : Motorik Halus, Kolase Ampas Kelapa iv ABSTRACT Aspects of child development, especially physical-motor development, are very important for training coordination of movements involving body parts. Fine motor is a development that emphasizes the ability to move the fingers, the ability to move the fingers and wrists, the ability of the fingers which requires careful eye and persistence. Fine motor skills develop optimally at the age of years. Coconut dregs collage is an activity that can develop fine motor skills because in its implementation, such as: squeezing, rubbing glue, opening and closing objects, sticking, writing, compiling, pinching are activities that train the smooth muscles of the hands. This study aims to find out and reveal how the application of coconut dregs collage in developing children's fine motor skills. This research uses a descriptive-qualitative research type. The subjects in this study were children aged - years, totaling children and teachers who taught there. Data collection techniques using interview techniques, observation and documentation. Data analysis used is data reduction, and conclusions or verification. Meanwhile, to test the validity of the data, researchers used triangulation of sources and time. Based on the results of observations of coconut dregs collage, there is an advantage in Seruni PAUD. Before doing collage at the age of - years there are activities such as: the teacher prepares glassware, which has been colored, plates that have been given coconut dregs, students wear plastic gloves then students knead the coconut dregs until it is evenly distributed, the last step is drying with composing under the sun, followed by coconut dregs collage activities. The ongoing coconut dregs collage activity is really needed to develop fine motor skills, because at the age of years is the optimal age for developing all aspects, especially fine motor skills. Fine motor development is the ability of the fingers and hands that require high precision and perseverance, these activities include: holding objects, squeezing, writing, holding pencils, using crayons, sticking, composing, tracing, pinching and cutting. Keywords: Fine Motoric, Coconut Dregs Collage

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:48
Last Modified: 01 Aug 2023 04:48
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29199

Actions (login required)

View Item View Item