STRATEGI PEMASARAN KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMROH (KBIHU) DAARUL KHAIR KOTABUMI DALAM MENARIK MINAT CALON JEMAAH HAJI LAMPUNG UTARA

Yulanda, Gustin (2023) STRATEGI PEMASARAN KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMROH (KBIHU) DAARUL KHAIR KOTABUMI DALAM MENARIK MINAT CALON JEMAAH HAJI LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK YULANDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) sebagai organisasi rekan kerja pemerintah yang turut membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan jasa terhadap masyarakat dalam hal bimbingan manasik haji merupakan suatu pelayanan yang harus dikelola dengan baik. Melihat banyaknya lembaga maupun organisasi yang mengurus permasalahan bimbingan haji perlu bagi KBIHU Daarul Khair Kotabumi untuk berkompetisi juga dengan yang lainnya untuk menarik minat dan kepercayaan masyarakat yang akan menunaikan ibadah haji agar ikut bergabung pada KBIHU yang dikelolahnya tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran yang digunakan oleh kelompok bimbingan ibadah haji dan umrah (KBIHU) Daarul Khair Kotabumi dalam menarik minat calon jemaah haji Lampung Utara?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang strategi pemasaran kelompok bimbingan ibadah haji dan umrah (KBIHU) Daarul Khair Kotabumi dalam menarik minat calon jemaah haji Lampung Utara. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif yang berbentuk deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari informan yaitu Ketua, Sekretaris, dan pengurus KBIHU Daarul Khair serta jemaah KBIHU Daarul Khair, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku�buku, jurnal ilmiah, dan kepustakaan lainnya yang berkaitan dengan bahasan penelitian penulis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini ialah dilakukan saat pengumpulan data sedang berlangsung, serta saat pengumpulan data telah tercukupi. Berdasarkan hasil penelitian penulis, menunjukkan bahwa KBIHU Daarul Khair tidak mempunyai strategi pemasaran secara khusus, tetapi lebih mengutamakan action atau aksi dari para pembimbing yaitu dengan lebih meningkatkan lagi kualitas diri dari para pembimbing agar dapat memberikan pelayanan dengan semaksimal mungkin kepada jemaah sehingga jemaah menjadi puas dengan pelayanan yang diberikan oleh KBIHU Daarul Khair. Dan untuk strategi promosi KBIHU Daarul Khair yaitu menjaga silaturahmi dengan para alumni jemaah haji bimbingan KBIHU Daarul Khair dengan mengadakan pengajian rutin. Dan kebanyakan jemaah yang mengikuti bimbingan manasik haji di KBIHU Daarul iii Khair dari tahun ke tahun mendapatkan informasi tentang KBIHU Daarul Khair yaitu dari jemaah ke jemaah atau dari mulut ke mulut. Kata kunci: Jemaah Haji, KBIHU, Minat, Strategi Pemasaran iv ABSTRACT The Hajj and Umrah Guidance Group (KBIHU) as a government partner organization that helps the government in providing services to the community in terms of guidance on Hajj rituals is a service that must be managed properly. Seeing the many institutions and organizations that deal with Hajj guidance issues, it is necessary for KBIHU Daarul Khair Kotabumi to also compete with others to attract the interest and trust of the people who will perform the pilgrimage to join the KBIHU which it manages. The formulation of the research problem is how is the marketing strategy used by the Hajj and Umrah guidance group (KBIHU) Daarul Khair Kotabumi in attracting the interest of prospective pilgrims from North Lampung? While the purpose of this study was to examine the marketing strategy of the Daarul Khair Kotabumi Hajj and Umrah guidance group (KBIHU) in attracting prospective pilgrims from North Lampung. In this study, the authors used qualitative methods in the form of descriptive field research and data collection methods, namely interviews, observation, and documentation. Primary data was obtained directly from the informants, namely the Chairperson, Secretary, and KBIHU Daarul Khair administrators and the KBIHU Daarul Khair congregation, while secondary data was obtained from books, scientific journals, and other literature related to the author's research discussion. The data analysis technique used in this qualitative research was carried out when data collection was in progress, and when data collection had been completed. Based on the results of the author's research, it shows that KBIHU Daarul Khair does not have a specific marketing strategy, but rather prioritizes the actions of the supervisors, namely by further improving the self-quality of the supervisors so that they can provide the best possible service to the congregation so that the congregation becomes satisfied with services provided by KBIHU Daarul Khair. And for the KBIHU Daarul Khair promotion strategy, namely maintaining friendship with the alumni of the Hajj congregation under the guidance of KBIHU Daarul Khair by holding regular recitations. And most of the pilgrims who follow the guidance of Hajj rituals at KBIHU Daarul Khair from year to year get information about KBIHU Daarul Khair, namely from congregation to congregation or word of mouth. Keywords: Pilgrims, KBIHU, Interests, Marketing Strategy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:57
Last Modified: 24 Jul 2023 03:57
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29027

Actions (login required)

View Item View Item