PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MEMOTIVASI KERJA GURU DI MAN 1 BANDAR LAMPUNG

KUMUDAWARDANI, Tafsiruddin (2023) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MEMOTIVASI KERJA GURU DI MAN 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL KUMUDAWARDANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRACT Education in the future demands the skills and professionalism of teaching staff, so teachers who have good skills can be a valuable investment in the success of education. In carrying out their duties, teachers as educators have a considerable responsibility in developing human resources so that it is necessary to increase teacher professionalism to achieve optimal quality education. The role of the madrasa head is needed as a leader and his influence in moving school life, especially for teachers to achieve educational goals. The duty of the madrasa head in motivating teacher work is a responsibility as a dedication to lead a school. Based on the research context, the authors assume that work motivation is needed by a teacher as an educator who is able to guide and direct educational goals through the younger generation as the hope of the nation. In this case, the competency of the madrasa head in influencing subordinates, especially in motivating teacher work, is assumed to have a significant role in increasing the performance achieved by each teacher because the level of teacher performance is influenced by how much work motivation is given. This research is a field research using descriptive qualitative research method. The purpose of this study is to describe the Role of Madrasah Leadership in Motivating Teacher Work at MAN 1 Bandar Lampung. The research subjects as the source of this research included the Principal, Deputy Head of Curriculum, TU Staff and Teachers at Man 1 Bandar Lampung. Data collection methods used are observation, interviews, and documentation. Test the validity of the data in this study using source triangulation. This study uses data analysis in the form of data reduction, data presentation and drawing conclusions. Based on the results of the description of the data and the results of research regarding the role of the madrasa head in motivating teacher work at MAN 1 Bandar Lampung after observing and scrutinizing the results of observations, interviews, and documentation in the field it can be concluded that the madrasa head plays a very important role in motivating teacher work as evidenced by the realization of all indicators of existing concept. In its implementation, the madrasah head is considered to be quite optimal in carrying out his role in providing regulation of the school's physical environment, regulating the work atmosphere, building discipline, giving encouragement, giving awards, and providing learning resources which of course are carried out properly so as to produce good results too. Keywords: Leadership, Work Motivation iii ABSTRAK Pendidikan di masa mendatang menuntut keterampilan dan keprofesionalan tenaga pendidik, sehingga guru yang mempunyai keterampilan yang baik dapat menjadi investasi berharga dalam keberhasilan dunia pendidikan. Dalam melaksanakan tugasnya, guru sebagai tenaga pendidik mempunyai tanggung jawab yang cukup besar dalam mengembangkan sumber daya manusia sehingga diperlukan peningkatan profesionalisme guru untuk mencapai mutu pendidikan yang optimal. Diperlukan peran kepala madrasah sebagai pemimpin dan pengaruhnya dalam menggerakkan kehidupan sekolah terkhusus kepada guru demi tercapainya tujuan pendidikan. Tugas kepala madrasah dalam memotivasi kerja guru merupakan suatu tanggung jawab sebagai dedikasinya memimpin suatu sekolah. Berdasarkan konteks penelitian, penulis beranggapan bahwa motivasi kerja sangat dibutuhkan oleh seorang guru sebagai tenaga pendidik yang mampu membimbing dan mengarahkan sasaran pendidikan melalui generasi muda sebagai harapan bangsa. Dalam hal ini, kompetensi kepala madrasah dalam mempengaruhi bawahan terkhusus dalam memotivasi kerja guru diasumsikan memiliki peran yang cukup besar dalam peningkatan kinerja yang dicapai oleh setiap guru karena tingkat kinerja guru dipengaruhi oleh seberapa besar motivasi kerja yang diberikan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Memotivasi Kerja Guru di MAN 1 Bandar Lampung. Subyek penelitian sebagai sumber penelitian ini meliputi Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Staff TU dan Guru di Man 1 Bandar Lampung. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini menggunakan analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil deskripsi data dan hasil penelitian mengenai peran kepala madrasah dalam memotivasi kerja guru di MAN 1 Bandar Lampung setelah mengamati dan mencermati hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi di lapangan dapat disimpulkan bahwa kepala madrasah sangat berperan dalam memotivasi kerja guru dibuktikan dengan terealisasinya seluruh indikator dari konsep yang telah ada. Dalam implementasinya, kepala madrasah dinilai cukup maksimal menjalankan perannya dalam memberikan pengaturan lingkungan fisik sekolah, mengatur suasana kerja, membangun disiplin, memberi dorongan, memberi penghargaan, serta menyediakan sumber belajar yang tentunya dijalankan dengan baik sehingga menghasilkan hasil yang baik pula. Kata Kunci: Kepemimpinan, Motivasi Kerja

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:43
Last Modified: 18 Jul 2023 03:55
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28918

Actions (login required)

View Item View Item