SEPTIYANA, Zainal Abidin (2023) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI MA NURUL FATTAH PONDOKPESANTREN AL-FATTAH MINCANG TALANG PADANG KABUPATEN TANGGAMUS LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI MA NURUL FATTAH PONDOKPESANTREN AL-FATTAH MINCANG TALANG PADANG KABUPATEN TANGGAMUS LAMPUNG Oleh SEPTIYANA Manajemen pembelajaran mengacu pada upaya untuk mengatur aktivitas pembelajaran berdasarkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip pembelajaran. Manajemen dilakukan untuk menyukseskan tujuan pembelajaran agar tercapai Keberadaan pesantren di Indonesia dimulai sejak Islam masuk di negeri ini. Sebagai lembaga pendidikan yang telah lama berdiri di negeri ini, pesantren diakui memiliki pengaruh yang besar terhadap perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Metode dalam penulisan ini adalah menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Penulisan dengan menggunakan metode deskriptif memberikan gambaran, merinci, dan menganalisa data pada permasalahan yang terjadi pada saat ini menggunakan pendekatan kualitatif. Berkaitan dengan hal ini Meleong dan Dari hasil kegiatan penulisan mengenai judul Manajemen Pembelajaran Di Pondok Pesantren Al-Fattah Mincang Talang Padang Yang dilaksanakan pada tanggal 21 November 2020 jadwal kegiatan penulisan ini sesuai yang telah disepakati bersama- sama dengan pengurus pondok pesantren Al-Fattah Mincang Talang Padang. Dari hasil wawancara penulis dengan ustadz rizal di Pondok Pesantren Al�Fattah mincang talang padang diperoleh bahwa dalam pengelolaan pembelajaran itu sangatlah penting bagi pengajar khususnya, umumnya bagi santri yang belajar di pondok. Menurut ustadz rizal sebagai pengajar bahwa manajemen pembelajaran sangatlah penting bagi guru/ ustadz khususnya, umumnya bagi santri yang belajar. Tujuan dari pada manajemen pembelajaran adalah untuk mengelola /mengatur suatu program KBM yang belum berjalan, dan pengajaran yang masih monoton. Metode pembelajaran yang digunakan dipondok Al-Fattah ini menggunakan metode sorogan, bandongan, hafalan, mudzakarah dan lalaran.Pondok pesantren Al-Fattah adalah Pondok pesantren yang bercorak salafiyah. Kata Kunci: Menejemen, Pembelajaran, Pondok Pesantren iii ABSTRAC LEARNING MANAGEMENT AT MA NURUL FATTAH PONDOK AL-FATTAH MINCANG TALANG PADANG DISTRICT, TANGGAMUS DISTRICT, LAMPUNG Oleh SEPTIYANA Learning management refers to efforts to organize learning activities based on learning concepts and principles. Management is carried out for the success of learning objectives so that they are achieved. The existence of Islamic boarding schools in Indonesia began since Islam entered this country. As an educational institution that has long been established in this country, Islamic boarding schools are recognized as having a major influence on the history of the Indonesian nation. The method in this writing is to use a qualitative descriptive method. Writing using descriptive methods provides an overview, details, and analyzes data on problems that occur at this time using a qualitative approach. In this regard Meleong and From the results of the writing activity regarding the title Learning Management at the Al-Fattah Mincang Talang Padang Islamic Boarding School which was carried out on November 21, 2020, the schedule for this writing activity was in accordance with what had been mutually agreed upon with the management of the Al�Fattah Mincang Talang Padang Islamic boarding school. From the results of the author's interview with Ustadz Rizal at the Al-Fattah Islamic Boarding School Mincang Talang Padang, it was found that the management of learning is very important for teachers, especially, generally for students who study at the Islamic boarding school. According to Ustadz Rizal as a teacher, learning management is very important for teachers/ustadz in particular, generally for students who study. The purpose of learning management is to manage/manage a teaching and learning program that is not yet running, and teaching is still monotonous. The learning method used in the Al-Fattah boarding school uses the sorogan, bandongan, memorization, mudzakarah and lalaran methods. Al-Fattah Islamic boarding school is a Islamic boarding school with a salafiyah style Keywords: Management, Learning, Islamic Boarding Schools
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 03:15 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 03:15 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28874 |
Actions (login required)
View Item |