PUTRI, NADIA (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU TERPADU DI MAN 1 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah Tingginya minat masyarakat yang masih berlomba-lomba untuk memasukkan anaknya di MAN 1 Bandar Lampung, jumlah pendaftaran siswa baru setiap tahunnya mengalami peningkatan jumlah pendaftar walaupun tidak terlihat signifikan. Namun terlihat ada peningkatan jumlah pendaftar disetiap tahunnya. Hal ini juga karena banyaknya generasi keluarga siswa yang kembali menempuh pendidikan di MAN 1 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk menggali tentang pelaksanaan manajemen mutu terpadu di MAN 1 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan mereduksi data, setelah itu disajikan dalam bentuk deskripsi dan diverifikasi dengan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Implementasi dalam manajemen mutu terpadu di MAN 1 Bandar Lampung, sudah baik yaitu secara terus-menerus diupayakan dengan mengedepankan layanan kepuasan pelanggan (Peserta didik), sudah melibatkan semua warga madrasah melalui rapat guru setiap satu bulan atau dua bulan sekali, mempunyai struktur organisasi yang mengandung kontrol, kepala madrasah membangun komitmen dengan cara memberdayakan seluruh warga madrasah sesuai dengan kompetensi dan kapasitas yang dimiliki untuk berkontribusi meningkatkan mutu, manajemen madrasah selalu melakukan upaya-upaya kreatif untuk memuaskan layanan peserta didiknya seperti mendatangkan motivator. Kata kunci : fokus kepada pelanggan, keterlibatan total, pengukuran, komitmen, perbaikan berkelanjutan. ABSTRACT The background of this research is the high interest of the people who are still vying to enter their children in MAN 1 Bandar Lampung, the number of new student enrollments every year has increased the number of registrants even though it doesn't look significant. However, there is an increasing number of applicants every year. This is also because many generations of student families have returned to study at MAN 1 Bandar Lampung. The purpose of this research is to explore the implementation of integrated quality management at MAN 1 Bandar Lampung. This research use desciptive qualitative approach. Data collection is done by conducting interviews, observation and documentation. Analysis of the data used in this study was carried out by reducing the data, after which it was presented in the form of a description and verified by drawing conclusions. The results of this study indicate that: The implementation of integrated quality management at MAN 1 Bandar Lampung, is already good, namely it is continuously pursued by prioritizing customer (student) satisfaction services, has involved all madrasa residents through teacher meetings every month or every two months , has an organizational structure that contains control, the head of the madrasa builds commitment by empowering all madrasa residents according to their competence and capacity to contribute to improving quality, madrasa management always makes creative efforts to satisfy students' services such as bringing in motivators. Keywords : customer focus, total engagement, measurement, commitment, continuous improvement.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 03:02 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 04:12 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28828 |
Actions (login required)
View Item |