MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIK MELALUI MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN MADRASAH ALIYAH NEGERI LAMPUNG UTARA

SITI, MARDIYAH (2023) MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIK MELALUI MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN MADRASAH ALIYAH NEGERI LAMPUNG UTARA. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of TESIS SITI MARDIYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Menyelami lebih dalam mutu pendidik, Ada hal yang harus dipahami dengan baik, karena untuk menyelenggarakan proses pendidikan dibutuhkan guru yang berperan sebagai pembimbing, motivator, dan stimulator bagi peserta didik. Guru sebagai bagian dari sistem pendidikan memegang peranan sangat penting sebagai sayap untuk menerbangkan pendidikan mencapai tujuan. Penting bagi seorang guru untuk senantiasa beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan zaman mengikuti setiap perubahan yang terjadi. Salah satu cara pengembangan SDM dalam peningkatan mutu guru adalah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, bertujuan Mendeskripsikan tahapan Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluai hasil pengembangan mutu pendidik melalui MGMP MAN Lampung Utara. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 dan MAN 2 MGMP Bahasa Inggris, Matematika dan Ekonomi. Sumber data diperoleh dari informan, Kepala sekolah, pengurus dan anggota MGMP dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, Analisis data dilakukan dengan komponen analisis berupa analisis reduksi data, penyajian data, dan verifikasi untuk penarikan kesimpulan. Keabsahan data dikuatkan dengan pengamatan secara terus menerus dan wawancara mendalam. Dari hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan (1)Program kegiatan MGMP di MAN Lampung Utara telah berjalan melalui kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi, namun MGMP MAN 1 belum dapat berjalan; (2) Peningkatan kualitas SDM guru dilaksanakan MGMP dengan pendidikan dan pelatihan, penguasaan materi, penyusunan silabus dan hal lain terkait pembelajaran; (3) Model pengembangan peningkatan kualitas SDM terdiri ranah aktifitas MGMP dan ranah evalusi hasil untuk mendapatkan umpan balik pelaksanaan bagi pengembangan selanjutnya. Kata kunci: Pengembangan SDM, Mutu Pendidik dan MGMP viii ABSTRACT Diving deeper into the quality of educators, there are things that must be well understood, because to organize the educational process requires teachers who act as mentors, motivators, and stimulators for students. Teachers as part of the education system play a very important role as wings to fly education to achieve its goals. It is important for a teacher to always adapt to the changes and developments of the times following any changes that occur. One way of developing human resources in improving the quality of teachers is the Subject Teacher Conference (MGMP). This research uses a qualitative descriptive approach, aims to describe the stages of planning, implementation and evaluation of the results of developing the quality of educators through MGMP MAN Lampung Utara. This research was conducted at MAN 1 and MAN 2 MGMP English, Mathematics and Economics. Data sources were obtained from informants, school principals, MGMP administrators and members by observation, interviews and documentation. Data analysis was carried out with analysis components in the form of data reduction analysis, data presentation, and verification for conclusion drawing. Data validity is strengthened by continuous observation and in-depth interviews. From the results of research and discussion it is concluded (1) MGMP activity program in MAN Lampung Utara has been running through planning, organizing, implementing and evaluating activities, but MGMP MAN 1 has not been able to run; (2) Improving the quality of teacher human resources carried out by MGMP with education and training, mastery of material, preparation of syllabus and other things related to learning; (3) The development model for improving the quality of human resources consists of the realm of MGMP activities and the realm of evaluation of results to obtain implementation feedback for further development. Keywords: HR Development, Educator Quality and MGMP الخلاصة لِتَغُوْص فِيْ جَوْدَةِ التَّعْلِيْمِ، هُنَاكَ أُمُوْرَ يَجِبُ فَهْمَهَا جَيِّدًا، لِأَنَّ لِتَنْفِيْذِ الْعَمَلِيَةِ التَّعْلِيْمِيَةِ يَتَطَلَبُ وُجُوْدُ مُعَلِمُ يَعْمَلُ كَمُرْشِدُ وَمحفز وَمُحَرِكُ لِلْمُتَعَلِّمِيْنَ. يُعْتَبَرُ اْلُمَعَّلِمُ جُزْءًا هَامًا فِيْ نِظَامِ التَعْلِيْمِ حَيْثُ يَلْعَبُ دَوْرًا مُهِمًا كَجِنَاحِ يُسَاعِدُ عَلى تَحْقِيْقِ اْلأَهْدَافِ التَّعْلِيْمِيَةِ. يُعْتَبَرُ مِنَ الْمُهِمْ أَنْ يتكيف اْلمُعَلِمُ دَائِمًا مَعَ التَّغْيِرَاتْ وَتَطَوُّرِ الْعَصْرِ وَأَنْ يَتَبِعَ كُلَّ تَغْيِيْرِ يُحَدِثُ. أَحَدُ طُرُقٍ تَطَوِيْرُ الْقُدْرَاتِ الْبَشَرِيَّةِ فِيْ تَحْسِيْنِ جَوْدَةِ الْمُعَلِّمِيْنِ هُوَ اجْتِمَاعُ مُشَاوَرَةٌ مُعَلِّمِي الْمَوَادِ التَّعْلِيْمِيَّةِ (MGMP). يَسْتَخْدِمُ هَذَا الْبَحْثُ الْمَنْهَجُ الْوَصْفِي، بِغَرْضِ وَصْفُ مَرَاحِلُ التَّخْطِيْطُ وَالتَّنْفِيْذُ وَتَقْيِيْمُ نَتَائِجُ تَطْوِيْرُ جَوْدَةُ الْمُعَلِّمِيْنُ مِنْ خِلَالِ اجْتِمَاعِ مَجْمُوْعَةٌ مَوْضُوْعِيَةُ تَابِعَةً لِمُدَرِّسَةِ الْبَنِيْنِ الْعِلْمِيَةَ بِمَنْطِقَةِ لَامْبُونج الشُمَالِيَةِ. يَتِمُّ تَنْفِيْذُ هَذَا الْبَحْثُ فِيْ مَجْمُوْعَة مَوْضُوْعِيَةِ تَابِعَةً لِلُّغَةُ اْلإِنْجِلِيْزِيَةِ وَالرِّيَاضِيَاتِ وَالْاِقْتِصَادِ فِيْ مَدْرَسَةِ الْعَالِيَةِ 1 وَمَدْرَسَةِ الْعَالِيَةِ 2. يَتِمُّ الْحُصُوْلِ عَلَى مَصْدَرِ الْبَيَانَاتِ مِنَ الْمَعْلُوْمَاتِ، وَمُدِيْرُ الْمَدْرَسَةِ، وَأَعْضَاءِ الْإِدَارَةِ وَأَعْضَاءِ مَجْمُوْعَةِ الْمَوْضُوْعِ بِوَاسِطَةِ الْمُرَاقَبَةُ، الْمُقَابَلَاتِ وَالْوَثَائِقِ. يَتِمُّ إِجْرَاءُ تَحْلِيْلُ الْبَيَانَاتِ باِسْتِخْدَامِ مُكَوَنَاتِ التَّحْلِيْلُ وَتَشْمَلُ تَحْلِيْلُ تَقْلِيْصُ الْبَيَانَاتِ، وَتَقْدِيْمُ الْبَيَانَاتِ، وَالتَّحْقِقُ لِاسْتِخْلَاصِ اْلاِسْتِنْتَاجَاتِ. يَتِمُّ تَعْزِيْزُ صِحَةُ الْبَيَانَاتِ مِنْ خِلَالِ الْمُرَاقِبَةُ الْمُسْتَمِرَةُ وَالْمُقَابَلَاتُ الْعَمِيْقَةُ. مِنْ نَتَائِجِ الْبَحْثِ وَالْمُنَاقَشَةِ تَمَّ التَّوَصَلُ إِلَى النَّتَائِجِ التَّالِيَةُ: (1) بَرْنَاِمجُ أَنْشِطَةُ مَجْمُوْعَةُ مُعَلِّمِي الْمُدَارِسُ الثَّانَوِيَةُ الْإِسْلَامِيَةُ فِيْ لَامْبُونج الشُمَالِيَةُ تَمَّ تَنْفِيْذُهُ مِنْ خِلَالِ التَّخْطِيْطِ وَالتَّنْظِيْمُ وَالتَّنْفِيْذُ وَالتَّقْيِيْمُ، وَلَكِنَّ مَجْمُوْعَةُ مُعَلِّمِي الْمَدْرَسَةِ الثَانَوِيَةِ الْإِسْلَامِيَةِ لَمْ يَتِمُّ تَنْفِيْذِهَا بُعْدٍ؛ (2) تَمَّ تَنْفِيْذُ تَحْسِيْنُ جَوْدَةُ الْمُعَلِّمِيْنَ مِنْ خِلَالِ مَجْمُوْعَةُ مُعَلِّمِي الْمُدَارِسُ الثَّانَوِيَةُ الْإِسْلَاِمِيَةُ بِوَاسِطَةِ التَّعْلِيْمِ وَالتَّدْرِيْبُ وَاْكتَسَابُ الْمَوَادُ وَتَحْضِيْرُ الْمَنْهَجُ وَأُمُوْرَ أُخْرَى مُتَعَلِقَةً بِعَمَلِيَةِ التَّعْلِمُ؛ (3) يَتَكَوَّنُ نَمُوْذَج تَطْوِيْرُ تَحْسِيْنُ جَوْدَةُ الْمَوَادُ الْبَشَرِيَةُ مِنْ مَجْمُوْعَةِ مُعَلِمِّي الَمُدَارِسُ الثَّانَوِيَةُ الْإِسْلَامِيَةُ مِنْ مَجَالِ نَشَاطٌ مَجْمُوْعَةِ مُعَلِّمِي الْمُدَارِسُ الثَّانَوِيَةُ الْإِسْلَاِميَةُ وَمَجَالِ تَقْيِيْمُ النَّتَائِجُ لِلْحُصُوْلِ عَلَى ردود فِعْلُ حَوْلَ التَّنْفِيْذُ لِلتَّطْوِيْرِ الْمُسْتَقْبَلِي. الكلمات الدالة: تنمية الموارد البشرية و جودة المعلم و اجْتِمَاعُ مُشَاوَرَةٌ مُعَلِّمِي الْمَوَادِ التَّعْلِيْمِيَّةِ (MGMP).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:48
Last Modified: 19 Jun 2023 04:48
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28638

Actions (login required)

View Item View Item