PENERAPAN METODE TALAQQI UNTUK MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DIKELAS IV SD IT INSAN TAQWA LAMPUNG SELATAN

Gita, Silvia (2023) PENERAPAN METODE TALAQQI UNTUK MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DIKELAS IV SD IT INSAN TAQWA LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL GITA SILVIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi pada masalah yang ditemukan dikelas IV SD IT Insan Taqwa lampung selatan minimnya kemampuan peserta didik dalam menghafal al-Qur’an, hal ini terbukti bahwa dari 20 peserta didik hanya 7 (35%) peserta didik yang mendapat nilai sama dan diatas KKM sedangkan 13(65%) peserta didik lainnya mendapat nilai dibawah KKM. Oleh karena itu diduga metode yang digunakan belum maksimal, suasana pembelajaran yang kurang kondusif dan ada beberapa peserta didik yang belum bisa membaca al-Qur’an dengan benar yang menyebabkan daya hafal peserta didik belum meningkat.Serta metode hafalan yang diterapkan mungkin sudah terlalu sering digunakan membuat peserta didik sedikit bosan dengan sistem pembelajaran dikelas. Dengan ini rumusan masalah persoalan pada kajian ini yakni Apakah Penerapan Metode Talaqqi dapat Meningkatkan hapalan al-Qur’an peserta didik di kelas IV SD IT Insan Taqwa Lampung Selatan. Penelitian ini dilakukan disemester genap tahun ajaran 2022/2023 dikelas IV Apakah Penerapan Metode Talaqqi dapat Meningkatkan Hapalan al-Qur’an peserta didik di kelas IV SD IT Insan Taqwa Lampung Selatan SD IT Insan Taqwa Lampung Selatan. Hasil hafalan al-Qur’an peserta didik yang diamati dipenelitian ini yaitu aktivitas pembelajaran guru dalam mengajar, aktivitas atau respons siswa dalam mengikuti pembelajaran dan menilai kemampuan menghafal peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD IT Insan Taqwa Lampung Selatan yang berjumlah 20 peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari empat tahapan utama yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan metode talaqqi untuk meningkatkan hafalan al-Qur’an peserta didik dikelas IV SD IT Insan Taqwa Lampung Selatan. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil menghafal peserta didik pembelajaran tahfidz Qur’an mengalami peningkatan. Dari 20 peserta didik pada pra siklus atau sebelum dilaksanakan metode talaqqi dalam menghafal al-Qur’an yang didapat untuk peserta didik tuntas adalah 40% sedangkan yang tidak mencapai ketuntasan adalah 60%. Tetapi setelah dilaksanakan atau diterapkan metode pembelajaran talaqqi dalam menghafal al-Qur’an terdapat peningkatan pada siklus I persentase ketuntasan peserta didik adalah 70% dan peserta didik yang belum tuntas adalah 30%. Kemudian dilnjutkan dengan siklus II karena pada siklus I belum mencapai indikator keberhasilan dimana persentase hasil menghafal peserta didik mengalami peningkatan yaitu sebanyak 95% sedangkan peserta didik yang belum tuntas sebanyak 5%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan ini mengalami peningkatan hasil menghafal peserta didik dan dinyatakan penelitian tindakan ini berhasil. Kata Kunci : Penerapan Metode Talaqqi, Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik iv ABSTRACT This research is motivated by a problem found in class IV of SD IT Insan Taqwa, South Lampung, the lack of students' ability to memorize the Qur'an, it is proven that out of 20 students, only 7 (35%) students got the same score and above. KKM while 13 (65%) other students scored below the KKM. Therefore it is suspected that the method used is not optimal, the learning atmosphere is not conducive and there are some students who have not been able to read the Qur'an properly which causes the students' memorization has not increased. Also the memorization method that is applied may have been used too often make students a little bored with the learning system in class. With this, the formulation of the problem in this study is whether the application of the Talaqqi Method can increase students' memorization of the Qur'an in class IV SD IT Insan Taqwa South Lampung. This research was conducted in the even semester of the 2022/2023 school year in class IV Can the Application of the Talaqqi Method Improve Students' Memorizing of the Qur'an in class IV SD IT Insan Taqwa South Lampung SD IT Insan Taqwa South Lampung. The results of students' memorization of the Qur'an which were observed in this study were teacher learning activities in teaching, student activities or responses in participating in learning and assessing students' memorization abilities. This research is a class action research (CAR). The subjects of this study were 20 students in class IV of SD IT Insan Taqwa South Lampung. This classroom action research was conducted in two cycles, consisting of four main stages: planning, implementing, observing, and reflecting. The purpose of this study was to apply the talaqqi method to improve the memorization of the Qur'an for students in grade IV SD IT Insan Taqwa South Lampung. Data collection tools using observation, interviews, documentation, and tests. Based on the results of the study, it showed that the memorization results of students learning the tahfidz Qur'an had increased. Of the 20 students in the pre-cycle or before the talaqqi method was implemented in memorizing the Qur'an, 40% were obtained for complete students, while those who did not achieve completeness were 60%. But after implementing or applying the talaqqi learning method in memorizing the Qur'an, there was an increase in cycle I, the percentage of students' completeness was 70% and students who had not completed it were 30%. Then it was continued with cycle II because in cycle I the indicator of success had not yet been reached where the percentage of students' memorization results had increased by 95% while students who had not completed it were 5%. Based on the results of this action research there was an increase in students' memorization results and this action research was declared successful. Keywords: Application of the Talaqqi Method, Improving Students' Al-Qur'an Memorization

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:05
Last Modified: 12 Jun 2023 04:05
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28556

Actions (login required)

View Item View Item