RIZKI, ANANDA (2023) IMPELEMETASI STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 LIWA LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (16MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
Abstract
ABSTRAK Madrasah Aliyah Negeri atau yang biasa di singkat dengan MAN adalah jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia Pengelolaannya di lakukan oleh kemeterian agama. Pada dasar nya MAN kurikulum nya sama dengan SMA tapi hanya saja terdapat porsi lebih banyak mengenai pendidikan agama islam. Yang melatar belakangi membahas tentang implementasi strategi pemasaran pendidikan. Hal ini dilatar belakangi oleh adanya upaya untuk menciptakan lembaga pendidikan Islam yang berkualitas, sehingga mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya. Pemasaran pendidikan, dimaksudkan untuk menciptakan kondisi pemasaran yang kondusif dan stabil, sehingga memberikan dampak yang positif bagi pihak-pihak yang terlibat dalam proses pemasaran tersebut Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Validitas penelitian ini juga menggunakan teknik triangulasi sumber dengan membandingkan informasi yang penulis dapatkan terhadap teori yang penulis pakai. Adapun sumber penelitian ini didapatkan dari kepala sekolah,waka kesiswaan waka kurikulum kepala tata usaha. MAN 1 Liwa Lampung Barat menawarkan produk berupa kegiatan akademik maupun nonakademik. Dari program tersebut melahirkan prestasi dan lulusan yang telah diterima diberbagai Perguruan tinggi baik Polisi hingga tentara, Biaya pendidikan di MAN 1 Liwa Lampung Barat terbilang murah dibayar dalam bentuk paket tahunan, Lokasi dan letak MAN 1 Liwa Lampung barat sangat strategis karena dekat dengan jalan utama lintas Sumatra dan juga mudah dijangkau dengan kendara umum maupun pribadi. Promosi dilakukan oleh MAN 1 Liwa Lampung Barat yaitu dengan media cetak, media sosial, bakti sosial, dengan mengadakan acara seperti perlombaan, buka bersama dan doa bersama. Man 1 Liwa Lampung Barat juga melakukan promosi dengan kunjungan kesekolah sekolah yang ada di sekitar madrasah,Tenaga pendidik dan kependidikan di MAN 1 Liwa Lampung Barat sudah baik dan memenuhi kriteria kepegawaian, sehingga banyak dari mereka yang sudah bersertifikat inpassing dan PNS bahkan telah menempuh S-2, Fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki MAN 1 Liwa Lampung Barat cukup memadai dan menunjang kegiatan proses belajar mengajar kurikulum yang terstruktur baik, guru yang berkompeten. Kata kunci : Implemetasi, Strategi, Pemasaran. iv ABSTRACT Madrasah Aliyah Negeri or commonly abbreviated as MAN is a secondary education level in formal education in Indonesia, its management is carried out by the religious ministry. Basically, the MAN curriculum is the same as high school, but it's just that there is a larger portion of Islamic religious education. The background discusses the implementation of educational marketing strategies. This is motivated by efforts to create quality Islamic educational institutions, so that they can compete with other educational institutions. Education marketing, intended to create conducive and stable marketing conditions, so as to have a positive impact on the parties involved in the marketing process. This research is a qualitative method research with a descriptive qualitative approach using data collection techniques conducted with interviews and documentation. The validity of this study also uses the technique of source triangulation by comparing the information the author gets against the theory that the author uses. The source of this research was obtained from the principal, waka student affairs, waka curriculum, head of administration MAN 1 Liwa West Lampung offers products in the form of academic and non-academic activities. From this program gave birth to achievements and graduates who have been accepted in various universities both Police to the army, The cost of education at MAN 1 Liwa West Lampung is fairly cheap paid in the form of annual packages, The location and location of MAN 1 Liwa West Lampung is very strategic because it is close to the main road across Sumatra and is also easily accessible by public and private driving. Promotion is carried out by MAN 1 Liwa West Lampung, namely by print media, social media, social services, by holding events such as competitions, iftar together and prayer together. Man 1 Liwa West Lampung also promoted by visiting schools around the madrasah, Educators and education staff at MAN 1 Liwa West Lampung were good and met the staffing criteria, so many of them were certified inpassing and civil servants had even taken S-2, facilities and infrastructure Keywords: Implementation, Strategy, Marketing.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 05:50 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 05:50 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28493 |
Actions (login required)
View Item |