PENGARUH PENGGUNAAN METODE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V MIN 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017

SARTIKA, NETA (2017) PENGARUH PENGGUNAAN METODE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V MIN 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_PDF.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

Salah satu faktor rendahnya hasil belajar siswa dan kurang meresponnya terhadap materi yang disampaikan pada mata pelajaran IPS dalam kegiatan belajar mengajar yaitu guru jarang menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan cenderung menggunakan Metode konvensional. Untuk menyikapi permasalahan tersebut, maka penulis tertarik untuk menggunakan pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: “Adakah Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V MIN 6 Bandar Lampung?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V MIN 6 Bandar Lampung Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Quasy Eksperimen Desain). Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sample. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t. Pengujian prasyarat ananlisis dilakukan dengan metode Liliefors untuk uji normalitas dan uji F untuk uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data dengan perhitungan yang menggunakan analisis Uji t untuk sampel yang berasal dari distribusi yang berbeda Independent samples test, menunjukkan bahwa nilai Sig = 0,004 < 0,05. Dengan demikian nilai sig< α pada taraf signifikan 5%, maka hipotesis (Ha) diterima. Ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V MIN 6 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 04 Jan 2018 01:42
Last Modified: 04 Jan 2018 01:42
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2830

Actions (login required)

View Item View Item