ANIS, FATHONAH (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DI SEKOLAH DASAR MUHAMMMADIYAH PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini didasarkan pada tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui proses pengadaan buku, pengolahan bahan perpustakaan, layanan perpustakaan, administrasi perpustakaan dan proses sosialisasi perpustakaan oleh fenomena yang terjadi di lapangan dari sisi pengelolaan buku belum berjalan dengan sempurna karena didalam pengelolaan perpustakaan tersebut belum membuat kartu buku oleh sebab itu menjadi kurang efektif dan buku sulit terkontrol. Untuk itu pengelolaan perpustakaan harus dilakukan sesuai prosedur dengan cara melakukan upaya pemeliharaan perpustakaan secara maksimal. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang menggambarkan objek penelitian secara verbal melalui data yang telah terkumpul melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dengan informan kepala sekolah, kepala perpustakaan dan petugas perpustakaan. Hasil yang diperoleh dari penelitian di SD Muhammadiyah Pringsewu menunjukan bahwa secara umum sekolah ini selalu berusaha dalam pelaksanaanya secara optimal. Hal tersebut nampak pada kelengkapan bahan pustaka yang dimiliki oleh SD Muhammadiyah Pringsewu sebagai upaya lembaga mendukung sepenuhnya kegiatan pembelajaran. Perpustakaan sekolah SD Muhammadiyah berada dibawah pengawasan kepala perpustakaan SD Muhammadiyah , kemudian proses manajemen perpustakaan dilakukan secara berurutan yakni dimulai dari:pengadaan bahan pustaka, pengolahan, layanan, administrasi perpustakaan, dan sosialisasi perpustakaan. Kata Kunci : Implementasi Manajemen Perpustakaan, SD Muhammadiyah Pringsewu. iii ABSTRACT This research is based on the research objective, namely to find out the process of procuring books, processing library materials, library services, library administration and the process of socializing the library by phenomena that occur in the field from the point of view of book management that has not run perfectly because in library management the book cards have not been made by because it becomes less effective and the book is difficult to control. For this reason, library management must be carried out according to procedures by making maximum efforts to maintain the library. In this study, the method used was a qualitative descriptive method which described the research object verbally through data that had been collected through interviews, observation and documentation with school principals, head librarians and librarian informants. The results obtained from research at Muhammadiyah Pringsewu Elementary School show that in general this school always tries to implement it optimally. This can be seen in the completeness of library materials owned by Muhammadiyah Pringsewu Elementary School as an institution's effort to fully support learning activities. The Muhammadiyah SD school library is under the supervision of the head of the Muhammadiyah SD librarian, then the library management process is carried out sequentially, starting from: procurement of library materials, processing, services, library administration, and library socialization. Keywords: Implementation of Library Management, SD Muhammadiyah Pringsewu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 24 May 2023 02:14 |
Last Modified: | 24 May 2023 02:15 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28234 |
Actions (login required)
View Item |