MANAJEMEN STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG

David, Kurniawan (2023) MANAJEMEN STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DAVID KURNIAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen strategi merupakan sebuah seni dan pengetahuan dalam merumuskan, mengimplementasikan, serta mengevaluasi keputusan-keputusan lintas fungsional yang memampukan sebuah organisasi mencapai tujuannya. Di lembaga pendidikan seperti sekolah penerapan manajemen strategi dalam organisasi pendidikan sebenarnya merupakan paradigma baru dalam perencanaan pendidikan. Karena sebelumnya, organisasi pendidikan dikenal sebagai organisasi non profit yang berlandaskan pada nilai dan falsafah pengabdian dan kemanusiaan sehingga dalam pengelolaan dan perencanaannya pendidikan terkesan 'asing' dan menjauhkan diri dari strategi dan manajemen yang digunakan oleh organisasi�organisasi profit yang berorientasi bisnis dan mendapatkan keuntungan. Dalam manajemen strategi tidak dapat dipisahkan dari peran kinerja guru, dalam Undang-Undang Republik Indoenesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen: “Guru adalah pendidik profesional dengan tugas pokok mendidik, membimbing, mengarahkan, menilai, dan mengajar peserta didik pada usia dini, pendidikan dasar dan pendidikan menengah, pada jalur pendidikan formal yang ditunjuk sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Guru merupakan salah satu hal terpenting dalam dunia pendidikan. Baik buruknya mutu pendidikan sangat ditentukan oleh standar mutu guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses implementasi manajemen strategi, evaluasi manajemen strategi, strategi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran yang terjadi serta hambatan�hambatan yang terjadi yang menjadi kendala. Penelitian ini merupakan penelitian metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan field research. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas penelitian ini juga menggunakan teknik triangulasi sumber dengan membandingkan informasi yang penulis iii dapatkan terhadap teori yang penulis pakai. Adapun sumber penelitian ini didapatkan dari kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru sebagai informan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memberikan informasi bahwa manajemen strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung yang dikaji melalui 3 (tiga) aspek, yaitu pertama formulasi startegi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi sudah berjalan dengan seharusnya. Ketiga aspek utama yang penulis teliti sesuai dengan teori Winardi dan pendapat dari ketiga informan yang penulis teliti. Adapun hambatan yang terjadi yaitu mengenai perizinan ataupun absensi dimana masih terdapat guru-guru yang melakukan izin, seperti hal nya izin sakit, izin kepentingan keluarga dan cukup sering. Hal tersebut masih menjadi pertanyaan mengenai kejelasan atas izin-izin tersebut. Kata Kunci: Manajemen strategi, kepala sekolah, kinerja guru iv ABSTRACT Strategic management is an art and knowledge in formulating, implementing and assessing cross-functional decisions that enable an organization to achieve its goals. In educational institutions such as schools, the implementation of management strategies in educational organizations is actually a new paradigm in educational planning. Because previously, educational organizations were known as non�profit organizations based on values and a philosophy of service and humanity so that in their management and planning education seemed "foreign" and distanced themselves from the strategy and management used by profit-oriented and business-oriented organizations. In strategic management, it cannot be separated from the teacher's performance role, in the Law of the Republic of Indonesia No. 14 of 2005 concerning Teachers and Lecturers "Teachers are professional educators with the main mandate to educate, guide direct, assess, and teach students at an early age, basic education and secondary education, in the designated formal education pathway in accordance with the statutory regulations. The teacher is one of the most important things in the world of education, the good and bad quality of education is largely determined by the teacher quality standards. This study aims to find out how the principal's strategic management improves teacher performance at SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung constraint. This research is a descriptive descriptive research method with a field research approach. This research uses data collection techniques conducted by interviews and documentation. The validity of this research also uses source transgulation techniques by comparing the information that the writer gets to the theory that the writer uses. The sources for this research were obtained from school principals, deputy heads of curriculum and teachers as informants. Data analysis in this study used data reduction to present data and draw conclusions. This study provides information that the principal's strategic management in improving teacher performance at SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung which is reviewed through 3 v (three) aspects, namely: (1) strategy formulation, (2) strategy implementation, (3) evaluation of strategies that are already running properly. The three main aspects that the author examined corresponded to the theory of Fred R. David the opinions of the three informants that the author examined. The obstacles that occur are regarding permits or absences that occur. Where there are still teachers who carry out permits such as sick leave, permission for family interests and quite often. This is still a question regarding the clarity of these permits. Keywords: Management strategy, principals, teacher performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 May 2023 07:01
Last Modified: 22 May 2023 07:01
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28192

Actions (login required)

View Item View Item