Sari, Yuli Novita (2017) IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN DI SMPN 1 SAPTERONGGO KECAMATAN BAHUGA KABUPATEN WAY KANAN. Undergraduate thesis, IAIN RADEN INTAN.
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Sekolah merupakan lembaga publik yang mempunyai tugas untuk memberikan pelayanan kepada publik, khususnya pelayanan kepada peserta didik yang menuntut pendidikan. Para pakar pendidikan menyatakan bahwa fungsi utama sekolah adalah pembinaan dan pengembangan semua potensi individu terutama pengembangan potensifik, intelektual dan moral setiap pesertadidik. Maka sekolah harus dapat berfungsi sebagai tempat pendidikan formal untuk mengembangkan semuapotensi peserta didik sebagai sumberdaya manusia SMP Negeri 1 Sapteronggo Kecamatan Bahuga Kabupaten Way Kanan merupakan tempat penelitian yang peneliti lakukan, berdasarkan data prasurvey pada prinsipnya SMP Negeri 1 Sapteronggo telah berupaya sebaik-baiknya dalam menangani manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah, namun dalam tahapan pencatatan atau pengurusan belum dilakukan secara maksimal. Rumusan masalah yang peneliti kemukakan dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan Implementasi manajemen sarana dan prasarana pembelajaran di SMP Negeri 1 Sapteronggo. Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi manajemen sarana dan prasarana pembelajaran di SMP Negeri 1 Sapteronggo. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, adapun sumber data dari penelitian ini adalah Kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bagian sarana dan prasarana. Untuk memperoleh data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, adapun analisis datanya dilakukan dengan cara data reduction, data display, dan verification. Berdasarkan hasil analisa data dalam pembahasan ini dapat diketahui bahwa dalam kegiatan manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelejaran di SMP Negeri 1 Sapteronggo adalah (1) Tahap perencanaan/ analisis kebutuhan sarana dan prasarana dalam tahapan ini sekolah sudah melakukan sesuai dengan prosedur. (2) Tahap pengadaan, dalam tahap pengadaan sekolah ini sudah melakukan prosedur yang jelas dengan menetapkan dana yang digunakan dalam pengadaan sarana dan prasarana (3) dalam tahap pemakaian tidak ada prosedur resmi yang mengatur kegiatan pemakain atau pengguanaan sarana dan prasarana di sekolah. (4) Tahapan pengurusan /pencatatan, dalam kegiatan ini sekolah sudah membuat buku pembelian, buku inventarisasi barang, namun buku penghapusan dan kartu barang masih belum ada. (5) Tahapan terakhir adalah pertanggungjawaban dalam tahap ini sudah di pertanggungjawabkan dengan pembuatan laporan yang dilakukan setiap akhir semester atau akhir tahun oleh wakil kepala sekolah yang dibantu oleh pihak-pihak yang ikut menangani sarana dan prasarana di sekolah. Atas dasar temuan itu, maka penulis menyarankan SMP Negeri 1 sapteronggo lebih memperbaiki implementasi manajemen sarana dan prasarana dengan membuat buku penghapusan dan kartu stok barang dan lebih menyempurnakan kegiatan segala proses yang ada dalam kegiatan implementasi manajemen sarana dan prasarana, serta diharapkan kepada seluruh warga sekolah dan masyarakat juga untuk lebih perpartisipasi dalam pengelolahan manajemen sarana yang jauh lebih baik lagi dan sistematis sehingga nantinya akan menjadi pedoman sekolah-sekolah lain dalam kegiatan manajemen sarana dan prasarana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | HAMID FAHMI FAHMI |
Date Deposited: | 07 Mar 2017 07:32 |
Last Modified: | 07 Mar 2017 07:32 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/280 |
Actions (login required)
View Item |