Nurjanah, Isnaini (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV MIN 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (67MB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas VI MIN 2 Bandar Lampung. Penerapan metode pembelajaran learning start with a question (LSQ) bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan metode Learning start with a question (LSQ) terhadap hasil belajar IPS kelas IV di MIN 2 Bandar Lampung Tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif dengan metode quasy eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Lokasi penelitian dilakukan di MIN 2 Bandar Lampung. Subjek pada penelitian adalah siswa kelas IV A dan IV B MIN 2 Bandar Lampung sebanyak 69 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t. Hasil tes menunjukan nilai rata-rata dari 34 siswa pada kelas eksperimen yaitu 72,35 dan pada kelas kontrol dari 35 siswa nilai rata-rata sebesar 66,57. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang menggunakan Independen ttest diperoleh bahwa nilai Sig = 0,001 atau thitung = 3,627 > ttabel = 1,997, Ini berarti nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel baik pada taraf 5%. (0,001 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode pembelajaran learning start with a question terhadap hasil belajar IPS siswa di kelas IV MIN 2 Bandar Lampung pada tahun pelajaran 2017/2018. Kata Kunci : Learning Start With A Question, Hasil Belajar, IPS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 21 Dec 2017 04:14 |
Last Modified: | 21 Dec 2017 04:14 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2702 |
Actions (login required)
View Item |