PENERAPAN KEGIATAN MENIRU GERAKAN TARI BINATANG DARAT UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK KASAR PADA ANAK KELOMPOK B1 TK HIP HOP

Yosa, Andika Putri (2023) PENERAPAN KEGIATAN MENIRU GERAKAN TARI BINATANG DARAT UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK KASAR PADA ANAK KELOMPOK B1 TK HIP HOP. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Yosa Andika Putri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Faktor yang menyebabkan meningkatkan motorik kasar pada anak kelompok B1 belum berkembang yaitu guru terlalu monoton menggunakan kegiatan pembelajaran motorik kasar. Dari hasil pengamatan presurvey dan hasil wawancara dengan ibu ST,S.Pd selaku guru kelas B1, bahwa guru di Tk Hip Hop Sukarame Bandar Lampung menggunakan pembelajaran yang monoton tentang motorik kasar anak yaitu hanya melakukan permainan saja seperti membiarkan anak berlari, bermain bola, untuk mengembangkan motorik kasar anak dan mereka beranggapan motorik kasar anak akan berkembang dengan sendirinya. Metode penelitian ini menggunakan PTK dengan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research) secara kolaboratif dengan model kemmis & Mc Taggart. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak B1 Tk Hip Hop Sukarame Bandar Lampung yang berjumlah 15 anak. Objek penelitian adalah meningkatkan motorik kasar anak melalui kegiatan meniru tari binatang darat. Alatpengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Instrument yang digunakan dalam observasi berupa lembar penelitian, dokumentasi menggunakan kamera foto untuk mendokumentasikan segala aktivitas anak selama kegiatan, dan wawancara menggunakan pedoman wawancara guru untuk mengetahui kondisi dan permasalahan yang dihadapi. Berdasarkan hasil penelitian anak berkembang sangat baik. Hal ini dapat di lihat dari adanya perkembangan motorik kasar anak yang mencapai berkembang sangat baik yang berjumlah 15 anak. Karena dalam kegiatan tersebut anak diberikan motivasi berupa kata sanjungan sehingga anak dapat percaya diri, serta menyediakan lingkungan yang menyenangkan bagi si anak, sehingga anak dapat bermain dan melakukan gerakkan dengan asyik. Hasil ini di peroleh melalui metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang setiap siklus terdiri dari : Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian ada 15 anak di kelompok iii B1 Tk Hip Hop Sukarame Bandar Lampung. Hasil dari kemampuan anak dalam kegiatan menari tari binatang darat menunjukkan adanya perkembangan, hal ini dapat dilhat pada Pra siklus, Siklus I dan Siklus II. Presentase Prasiklus53,33% BB, 46,66% MB. Siklus I 40,00% BB,40,00% MB, 13,33% BSH, 6,66% BSB. Siklus II 0 BB, 6,66% MB, 20,00% BSH, 73,33% BSB. Demikian hasil penelitian di Tk Hip Hop Sukarame Bandar Lampung. Kata Kunci : Motorik Kasar, Kegiatan Meniru Gerakan Tari Binatang Darat iv ABSTRACT Factors that cause gross motor skills to increase in children in group B1 have not yet developed, namely the teacher is too monotonous using gross motor learning activities. From the results of the pre-survey observations and the results of interviews with ST, S.Pd as class B1 teachers, that teachers at the Sukarame Hip Hop Kindergarten Bandar Lampung use monotonous learning about children's gross motor skills, namely just playing games such as letting children run, play ball, to develop children's gross motor skills and they assume that children's gross motor skills will develop by themselves. This research method uses PTK with this type of research is classroom action research collaboratively with the Kemmis & Mc Taggart model. Each cycle consists of four stages, namely planning, implementing, observing, and reflecting. The research subjects were 15 children from B1 Kindergarten Hip Hop Sukarame Bandar Lampung. The object of research is to improve children's gross motor skills through imitating land animal dances. Data collection tools using observation, documentation and interviews. The instruments used in the observation were research sheets, documentation using a photo camera to document all children's activities during the activity, and interviews using teacher interview guidelines to find out the conditions and problems encountered. Based on the results of research children develop very well. This can be seen from the gross motor development of children who have achieved very good development, totaling 15 children. Because in these activities the child is given motivation in the form of words of flattery so that the child can be confident, and provides a pleasant environment for the child, so that the child can play and move around happily. These results were obtained through the classroom action research method (CAR) with two cycles, each cycle consisting of: Planning, Implementation, Observation, and Reflection. The research subjects were 15 children in group B1 Kindergarten Hip Hop Sukarame Bandar Lampung. The results of the child's ability to dance land animal dances show development, this can be seen in the Pre- v cycle, Cycle I and Cycle II. Precycle Percentage53.33% BB, 46.66% MB. Cycle I 40.00% BB, 40.00% MB, 13.33% BSH, 6.66% BSB. Cycle II 0 BB, 6.66% MB, 20.00% BSH, 73.33% BSB. These are the results of research at the Sukarame Hip Hop Kindergarten in Bandar Lampung. Keywords: Gross Motoric, Imitating Land Animal Dance Movements

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Apr 2023 07:16
Last Modified: 14 Apr 2023 07:16
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/25002

Actions (login required)

View Item View Item