Khoiri, K (2017) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA PENDIDIK PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SE KOTA BANDAR LAMPUNGTAHUN 2016 (Analisis Implementasi Fungsi-Fungsi Kepemimpinan Kepala Madrasah Se Kota Bandar Lampung). Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (207kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (15kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (66kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (219kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (48kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (127kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (18kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (24kB) | Preview |
Abstract
Faktor SDM merupakan faktor yang dapat menggerakkan tercapainya tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Kepala madrasah sebagai penentu kebijakan harus memberi perhatian yang lebih terhadap lingkungan madrasah dan orangorang yang berada di dalamnya. Kenyataan dilapangan yang terjadi ketika Kepala Madrasah menerapkan kedisiplinan guna meningkatkan Kinerja guru, terkadang terjadi benturan bagi yang tidak pro terhadap kepemimpinan Kepala Madrasah di Madrasah tersebut. Fokus penelitian ini adalah Kepemimpinan Kepala dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Se Kota Bandar Lampung Tahun 2016. Sub Fokus Masalah dalam penelitian ini adalah keterlaksanaan fungsi kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik : 1)Fungsi Instruksi, 2)Fungsi Konsultasi, 3) Fungsi Partisipasi, 4) Fungsi Delegasi, 5) Fungsi Pengendalian. Rumusan masalah penelitian sebagai berikut: Berkaitan dengan sub fokus masalah diatas maka rumusan masalah penelitian sebagai berikut: Bagaimana keterlaksanaan : 1)Fungsi Instruksi, 2)Fungsi Konsultasi, 3) Fungsi Partisipasi, 4) Fungsi Delegasi, 5) Fungsi Pengendalian pada Kepemimpinan Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sekota Bandar Lampung dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik Tahun 2016? Sifat penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif. Oleh sebab itu metode yang dilakukan adalah metode kualitatif dengan memakai bentuk studi multi situs. Maksudnya dalam penelitian deskriftif kualitatif data yang dikumpulkan bukan berupa angkaangka melainkan data tersebut mungkin berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, catatan memo, dan dokumen resmi lainya sehingga yang menjadi tujuan dalam penelitian deskriftif kualitatif ini adalah ingin menggambarkan dan menginterprestasikan objek sesuai apa adanya. Hasil penelitian ini adalah: Keterlaksanaan Fungsi Kepemimpinan Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sekota Bandar Lampung Tahun 2016 1) Fungsi Instruksi telah berjalan baik dan bersifat Satu Arah dan Pemimpin Bertindak sebagai Komunikator dan dapat meningkatkan kinerja tenaga pendidik. 2) Fungsi Konsultasi telah berjalan dengan baik dan bersifat dua arah, yaitu komunikasi antara pemimpin dan bawahan dan dapat meningkatkan kinerja tenaga pendidik.. 3) Fungsi Partisipasi fungsi Partisipasi belum berjalan dengan optimal dimana Kepala Madrasah masih merasa dapat melakukan tugas-tugas nya sendiri tanpa partisipasi dari para guru dan wakil Kepala Madrasah sehingga berdampak tidak baik pada peningkatan kinerja tenaga pendidik. 4) Fungsi Delegasi tidak berjalan dengan baik, karena pada beberapa hal ada keengganan Kepala Madrasah mendelegasikan tugas nya baik kepada guru maupun kepada Wakil Kepala Madrasah sehingga tidak dapat meningkatkan kinerja tenaga pendidik 5) Fungsi Pengendalian telah berjalan dengan baik yaitu dengan memberikan bimbingan, pengarahan, koordinasi dan pengawasan dan dapat meningkatkan kinerja tenaga pendidik. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kinerja Tenaga Pendidik, Madrasah Ibtidaiyah Negeri Se Kota Bandar Lampung
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 22 Nov 2017 03:38 |
Last Modified: | 22 Nov 2017 03:38 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2387 |
Actions (login required)
View Item |