PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL PONCOWATI TERBANGGI BESAR LAMPUNG TEGAH LAMPUNG

NUR, FAIZAH ZAIN (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL PONCOWATI TERBANGGI BESAR LAMPUNG TEGAH LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (14MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK NUR FAIZ.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK Media permainan puzzle ini merupakan salah satu bentuk yang bisa digunakan untuk sarana atau media dalam mengembangkan dan meningkatkan kognitif anak. Oleh karena itu peneliti terdorong untuk melakukan penelitian dalam pengembangan media permainan puzzle dalam upaya meningkatkan kognitif anak di usia dini. Tujuannya adalah untuk mempermudah pengajar atau pendidik dalam menyampaikan sesuatu yang menjadi target dan tujuannya, dan selain itu bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar dan merangsang kiognitif anak agar lebih aktif melalui media bermain dan belajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi pengembangan Borg & Gall. Produk yang dihasilkan berupa media permainan puzzle dalam upaya meningkatkan kognitif anak usia dini. Proses pengembangan media permainan puzzle tersebut mengikuti Langkah – langkah dari modifikasi Borg & Gall, Media permainan Puzzle di validasi oleh beberapa validator dan sekor rata-rata yang diperoleh dari hasil validasi sebesar 3.52 dengan katagori valid atau layak digunakan untuk tahap uji coba. Uji coba yang dilakukan kepada 10 orang anak untuk mendapatkan atau mengetahui pendapat anak mengenai belajar sambil bermain puzzle dalam upaya meningkatkan kognitif anak. Dari hasil uji coba yang dilakukan peneliti didapatkan data semua anak menyukai permainan Puzzle. permainan Puzzle yang dihasilkan peneliti mudah dipahami dan anak gemar dan semangat dalam belajar sambil bermain. Hasil Penilaian guru mendapatkan persentase kelayakan sebesar 89% sehingga penilaian yang dicapai mendapatkan katagori sangat layak. Dan hasil uji coba yang dilakukan yaitu uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase kelayakan 61% dengan katagori “ Sangat Layak” pada uji coba lapangan yang dilakukan mendaptkan persentase kelayakan 84.88% dengan katagori “ Sanga Layak. Kata Kunci : Kognitif, Permain Puzzle iii ABSTRACT This puzzle game media was form that can be used as a means or media in developing and improving children's cognitive. Therefore, the researchers were encouraged to conduct research in the development of puzzle game media in an effort to improve children's cognitive at an early age. The aim was to make it easier for teachers or educators to convey something that the target and goal, and besides that it aims to increase enthusiasm for learning and stimulate children's cognition to be more active through playing and learning media. This type of research was R&D research which adopts the development of Borg & Gall. The resulting product was a puzzle game media in an effort to improve early childhood cognitive. The process of developing the puzzle game media follows the steps of the Borg & Gall modification. The puzzle game media was validated by several validators and the average score obtained from the validation results is 3.52 with a valid category or suitable for use in the trial phase. Trials were conducted on 10 children to get or find out children's opinions about learning while playing puzzles in an effort to improve children's cognitive. From the results of trials conducted by researchers, it was found that all children liked puzzle games. Puzzle games produced by researchers were easy to understand and children like and are passionate about learning while playing. The results of the teacher’s study got an 89% of feasibility so that the assessments achieved got category highly appropriate and the small group test results get a 61% worthiness percentage of 61% as “very worthy” in field trials get an 84.88% in the “very worthy” category. Keywordss: Puzzle Game, Cognitive

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Mar 2023 06:26
Last Modified: 28 Mar 2023 06:29
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23791

Actions (login required)

View Item View Item