MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK KANTOR BMT FAJAR BINA SEJAHTERA CABANG PRINGSEWU

DHEA, VIRNANADA (2023) MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK KANTOR BMT FAJAR BINA SEJAHTERA CABANG PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL DHEA VIRNANADA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen pelayanan publik juga dapat diartikan sebagai suatu proses perencanaan dan pengimplementasian serta mengarahkan dan juga mengkoordinasikan penyelesaian aktifitas-aktifitas pelayanan publik demi tercapainya tujuan-tujuan pelayanan publik yang telah di tentukan sebelumnya. Manajemen pelayanan publik yang baik tentu saja akan berpengaruh dan memberikan pelayanan yang berkualitas, sebaliknya buruknya kualitas pelayanan publik maka akan berpengaruh pada tingkat kepercayaan anggota terhadap BMT. Pelayanan yang dilakukan BMT Fajar Bina Sejahtera Cabang Pringsewu dengan menerapkan social distancing dengan penambahan tempat duduk di bagian depan BMT Fajar Bina Sejahtera Cabang Pringsewu serta menyediakan tempat cuci tangan. Selain itu upaya yang bisa dilakukan oleh pengurus selama bekerja di kantor dengan menyediakan hand sanitizer di depan kantor serta memberikan batasan jarak 1 meter pada saat berkomunikasi dan menggunakan masker. Tetapi karena terbatasnya petugas yang melayani sehingga banyak nasabah yang komplain dengan pelayanan yang diberikan BMT Fajar Bina Sejahtera Cabang Pringsewu. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah yaitu penelitian lapangan atau field research, dimana penelitian lapangan adalah suatu penelitian yang dilakukan di lokasi penelitian dengan bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik wawancara dalam penelitian ini menggunakan interview dan dokumentasi. Sumber data diambil dari berbagai informan diantaranya adalah 4 karyawan dan 5 nasabah BMT Fajar Bina Sejahtera Cabang Pringsewu. Hasil analisis data menunjukkan bahwa fungsi manajemen pelayanan publik di Kantor BMT Fajar Bina Sejahtera Cabang Pringsewu ada tiga yaitu pelayanan di kantor, pelayanan sistem online dan pelayanan unggulan yang berikan oleh pihak BMT Fajar Bina Sejahtera Cabang Pringsewu terhadap nasabah yaitu sistem pelayanan jemput bola. Dimana pihak BMT Fajar Bina Sejahtera Cabang Pringsewu menyediakan petugas lapangan untuk datang ke setiap rumah atau tempat nasabah bekerja, sehingga nasabah tidak perlu menguras waktu menabung di BMT Fajar Bina Sejahtera Cabang Pringsewu, selain itu BMT Fajar Bina Sejahtera Cabang Pringsewu menjamin terkait kemanan harta tabungan Nasabah dan pihak BMT Fajar Bina Sejahtera Cabang Pringsewu selalu berupaya meningkatkan pelayanan dengan cara setiap bulan sekali pihak BMT Fajar Bina Sejahtera Cabang Pringsewu selalu minta saran dan kritikan dari nasabah, sehingga sekarang muncul pelayanan sistem online Kata Kunci : Manajemen Pelayanan Publik, BMT

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Mar 2023 04:14
Last Modified: 21 Mar 2023 04:14
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23715

Actions (login required)

View Item View Item