MANAJEMEN MEDIA E-LEARNING DI MAHAD AL�JAMIAH UIN RADEN INTAN LAMPUNG

ALIM, KURNIAWAN (2023) MANAJEMEN MEDIA E-LEARNING DI MAHAD AL�JAMIAH UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ALIM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penggunaan manfaat perubahan metode belajar dengan melalui teknologi dan komunikasi sangat berkembang pesat termasuk perencanaan proses melalui manajemen pembelajaran yang berbasis teknologi juga berubah mencapai proses yang lebih baik. Manajemen pembelajaran yang sedang berkembang di bicarakan adalah manajemen e-learning, manajemen e-learning tersebut di terapkan pada lembaga – lembaga pendidikan termasuk Ma’had Al-jamiah Uin Raden Intan Lampung . Di tinjau dari latar belakang tersebut ,maka muncul permasalahan umum “ Bagaimana manajemen e-learning di Ma’had Al-jamiah dapat meningkatkan mutu hasil pembelajaran mahasantri,Pelaksanaan manajemen e-learning di Ma’had Al-jamiah dapat meningkatkan mutu hasil pembelajaran mahasantri, Evaluasi dan model e-learning yang dipergunakan di Ma’had Al-jamiah dalam hasil pembelajaran mahasantri. Tujuan penelitian ini secara umum mengetahui efektivitas dan efisien manajemen e-learning di Ma’had Al-jamiah Uin Raden Intan Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, pengumpulan data. Subject penelitian ini adalah pimpinan/mudir,tutor pengajar ,pengembang media ,mahasantri,personalia,penggunaan yang langsung mengawasi manajemen e-learning di Ma’had Al-jamiah UIN raden intan lampung. Sampling dalam penelitian adalah pilihan peneliti terhadap aspek , peristiwa , dan siapa yang di jadikan fokus pada saat tertentu. Instrument penelitian sendiri . Hasil penelitian menyimpulkan bahwa efektivitas dan efisien manajemen e-learning di ma’had al-jamiah uin raden intan lampung dapat di ukur dari beberapa unsur sebagai berikut ; 1) kebijakan proses penerapan e-learning , 2) pemahaman teknologi e-learning ,3) pemahaman mahasantri dan tutor ma’had al-jamiah uin raden intan lampung,4) kesiapan infrastruktur sistem,5) sistem pembinaan SDM pendukung e-learning,6) proses pembelajaran menggunakan sistem e�learning,7) pembiyaan dan dampak proses manajemen e-learning di ma’had al-jamiah uin raden intan lampung. Temuan hasil penelitian ini adalah manajemen e-learning di Ma’had Al-jamiah Uin Raden iv Intan Lampung sistem e-learning sudah efektif dengan skala kecil dan sederhana dalam proses pembelajaran, kemudian belum efektif karena ada unsur-unsur yang belum optimal yaitu ; 1) kesiapan tutor pengajar dan pengawasan sistem e-learning di ma’had al-jamiah, 2) kesiapan mahasantri dalam proses belajar,3) penerapan proses model e-learning yang digunakan,4) sistem pembiyaan yang meningkat di Ma’had Al�jamiah Uin raden intan lampung . Berdasarkan temuan dan kesimpulan hasil penelitian,maka rekomendasi yang di ajukan adalah optimalisasi kesiapan,pemahaman pemanfaatan, model e-learning yang efektif dan efisien dalam rencana proses pembelajaran sebagai pemajuan mutu dengan proses pembelajaran mahasantri di ma’had al-jamiah uin raden intan lampung . Kata Kunci :Manajemen E-learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Mar 2023 03:14
Last Modified: 15 Mar 2023 03:14
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23634

Actions (login required)

View Item View Item