Ilham, Safikri (2023) FAKTOR KESULITAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA LAMPUNG DIALEK A KELAS IV DI SD NEGERI 1 SUKAMULYA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Faktor kesulitan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Lampung dialek a merupakan suatu keterampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik. Hasil penelitian kesulitan keterampilan berbicara bahasa Lampung kelas IV di SD Negeri 1 Sukamulya menunjukan bahwa terdapat peserta didik yang tidak mencapai KKM. Hal ini disebabkan oleh faktor minat, faktor logat bahasa, faktor sekolah dan faktor lingkungan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk , untuk mengetahui faktor kesulitan keterampilan berbicara bahasa Lampung dialek a kelas IV di SD Negeri 1 Sukamulya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan subyek penelitian kepala sekolah, pendidik dan peserta didik. Sedangkan objek penelitian ini adalah faktor kesulitan keterampilan berbicara bahasa Lampung dialek a kelas IV di SD Negeri 1 Sukamulya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data data reduction (reduksi data) data display (penyajian data) verification (penarikan kesimpulan) Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : faktor kesulitan keterampilan berbicara bahasa Lampung dialek A kelas IV di SD Negeri 1 Sukamulya adalah Kesulitan keterampilan berbicara bahasa Lampung dialek A kelas IV di SD Negeri 1 Sukamulya disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor Kesulitan Keterampilan Berbicara Bahasa Lampung Dialek A Kelas IV di SD Negeri 1 Sukamulya diwujudkan dalam bentuk Kesulitan keterampilan berbicara bahasa Lampung dialek A kelas IV di SD Negeri 1 Sukamulya disebabkan karena faktor internal dan ekternal Yang pertama faktor minat yang disebabkan oleh kurangnya variasi guru dan penguasaan materi yang dialami oleh pendidik menyebakan kurangnya minat peserta didik dalam pembelajaran bahasa Lampung. Yang kedua logat bahasa yang berbeda dengan bahasa sehari-hari menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan terutama dalam intonasi nada yang digunakan dan penggunaan huruf “gh” dan “kh”. Yang ketiga faktor sekolah, tenaga pendidik yang kurang berkompeten dalam pembelajaran bahasa Lampung dan kurangnya media yang menarik menyebabkan pembelajaran dikelas terkesan monoton. Dan yang terakhir faktor lingkungan baik keluarga maupun masyarakat yang tidak menggunakan bahasa Lampung saat berkomunikasi menyebakan peserta didik mengalami kesulitan dalam penguasaan kosa kata dan nada atau logat bahasa Lampung. Kata Kunci : Faktor Kesulitan Keterampilan Berbicara , Keterampilan Berbicara Bahasa Lampung Dialek A iv ABSTRACT The difficulty factor for speaking skills in learning Lampung dialect is a skill that must be mastered by students. The results of the research on the difficulty of speaking Lampung language skills in grade IV at SD Negeri 1 Sukamulya showed that there were students who did not reach the KKM. This is caused by interest factors, accent factors, school factors and environmental factors. The purpose of this research is to find out the difficulty factors for speaking skills in Lampung dialect grade IV at SD Negeri 1 Sukamulya. This study uses a descriptive qualitative approach. With research subjects principals, educators and students. While the object of this research is the factor of difficulty in speaking Lampung dialect grade IV at SD Negeri 1 Sukamulya. Data collection techniques used in this study are observation, interviews and documentation. Researchers use data analysis data reduction (data reduction) data display (data presentation) verification (drawing conclusions) The results of this study indicate that: the difficulty factor for speaking skills in Lampung dialect class IV at SD Negeri 1 Sukamulya is the difficulty in speaking skills for class IV Lampung dialect at SD Negeri 1 Sukamulya caused by internal factors and external factors. The Difficulty Factor in Speaking Skills in Lampung Dialect Class IV at SD Negeri 1 Sukamulya is manifested in the form of Difficulties in speaking skills in the Lampung dialect A class IV at SD Negeri 1 Sukamulya due to internal and external factors. The first is the interest factor caused by a lack of teacher variation and mastery the material experienced by educators causes a lack of interest in students in learning Lampung language. Second, the accent of a language that is different from everyday language causes students to experience difficulties, especially in the intonation used and the use of the letters "gh" and "kh". The third is the school factor, teaching staff who are less competent in learning Lampung language and the lack of interesting media causes learning in class to seem monotonous. And finally, environmental factors, both families and communities who do not use Lampung language when communicating, cause students to experience difficulties in mastering vocabulary and tone or Lampung accent. Keywords: Difficulty Factor of Speaking Skills, Lampung Language Speaking Skills Dialect A
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 14 Mar 2023 02:36 |
Last Modified: | 14 Mar 2023 02:36 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23594 |
Actions (login required)
View Item |