Windarwati, W (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI MIN 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah dalam mata pelajaran IPA di MIN 2 Bandar Lampung. Dikarenakan dalam pembelajaran guru hanya menggunakan bahan ajar yang berupa buku cetak, kurangnya alat atau media dan belum diterapkannya model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dalam pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS). Maka, untuk mengetahui pengaruh hasil pelajar penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Data hasil belajar IPA yang dikumpulkan dengan instrument tes berbentuk pilihan ganda dan dianalisis menggunakan analisis statistik parametrik (uji-t). Hasil penelitian di MIN 2 Bandar Lampung ditemukan masih rendahnya hasil belajar siswa. Sehingga perlu diterapkannya model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dalam pembelajaran IPA untuk mengetahui adanya pengaruh terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil uji-t df = 67 dan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 18,043 dan ttabel = 1,996. Kriterian pengujian ttabel < thitung (1,996 < 18,043). Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dalam penelitian ini diperoleh nilai rata-rata 76,47 pada kelas eksperimen dan 68, 85 pada kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 03:20 |
Last Modified: | 21 Nov 2017 03:20 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2358 |
Actions (login required)
View Item |