GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MAN 1 PRINGSEWU

M, HISYAM MAWARDI (2023) GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MAN 1 PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI M HISYAM MAWARDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Secara garis besar penelitian ini menggambarkan tentang gaya kepemimpinan demokratis kepala MAN 1 Pringsewu. Gaya kepemimpinan demokratis adalah pemimpin yang selalu mengutamakan musyawarah dan mau menerima masukan kritik dan saran yang diberikan oleh bawahan dan tidak bergantung terhadap keahlian dari seorang pemimpin melainkan mengharapkan setiap kemampuan yang dimiliki oleh setiap anggota. Untuk bisa memastikan gaya kepemimpinan yang dipakai kepala MAN 1 Pringsewu merupakan gaya kepemimpinan demokratis maka penulis melakukan wawancara kepada kepala madrasah dan seorang tenaga pendidik berlandaskan indikator gaya kepemimpinan demokratis menurut Yosua Ferdiawan Kurniawan yang mengacu pada penelitian Pasolong pada saat pra penelitian. Setelah mengetahui gaya kepemimpinan yang dipakai kepala MAN 1 Pringsewu merupakan gaya kepemimpinan demokratis, penulis tertarik ingin melakukan peneltian lapangan dengan tujuan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan gaya kepemimpinan demokratis yang diterapkan kepala MAN 1 Pringsewu, yaitu melibatkan bawahan dalam pengambilan keputusan bersama, menerima kritik, serta saran dari bawahan, bekerja sama dengan bawahan, dan menghargai potensi setiap bawahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya penyajian data menggunakan pendekatan deskriptif, berupa kata-kata tertulis atau lisan subjek yang diamati yaitu kepala madrasah, kepala tata usaha, dan tiga tenaga pendidik. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa langkah-langkah kepala madrasah dalam menerapkan gaya kepemimpinan demokratis yang meliputi kepala madrasah selalu melibatkan bawahan dalam pengambilan keputusan bersama pada saat forum rapat atau diskusi, kepala madrasah selalu terbuka dalam menerima kritik, serta saran dari bawahannya terkait kebijakannya yang pasti ada pro dan kontra, kepala madrasah selalu melibatkan diridengan bawahannyaketika bekerjasama di suatu kegiatan, kepala madrasah pasti memberikan penghargaan atau reward kepada guru maupun peserta didik yang berhasil menjuarai perlombaan ataupun berprestasi di tingkat madrasah hingga nasional. Kata kunci: Gaya Kepemimpinan Demokratis iii ABSTRACT Broadly speaking, this study describes the democratic leadership style of the head of MAN 1 Pringsewu. The democratic leadership style is a leader who always prioritizes deliberation and is willing to accept input, criticism and suggestions given by subordinates and does not depend on the expertise of a leader but expects every ability possessed by each member. To be able to ensure that the leadership style used by the head of MAN 1 Pringsewu is a democratic leadership style, the authors conducted interviews with the principal and an educator based on indicators of democratic leadership style according to Yosua Ferdiawan Kurniawan who referred to the Pasolong during the pre-research. After knowing the leadership style used by the head of MAN 1 Pringsewu is a democratic leadership style, the authors are interested in conducting field research with the aim of knowing the steps for implementing the democratic leadership style applied by the head of MAN 1 Pringsewu, namely involving subordinates in joint decision making, accepting criticism, and suggestions from subordinates, cooperate with subordinates, and appreciate the potential of each subordinate. This study uses qualitative methods with data collection techniques, namely, interviews, observation, and documentation. Furthermore, the presentation of the data used a descriptive approach, in the form of written or spoken words. The subjects observed were the head of the madrasa, the head of administration, and three educators. The results of this study indicate that the steps of the head of madrasa in implementing a democratic leadership style which include the head of the madrasa always involving subordinates in joint decision making during forum meetings or discussions, the head of the madrasa is always open to receiving criticism, as well as suggestions from his subordinates regarding policies that must exist. pros and cons, madrasa principals always involve themselves with their subordinates when collaborating in an activity, madrasa principals must give awards or rewards to teachers and students who have won competitions or have excelled at the madrasa to national level. Keywords: Democratic Leadership Style

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Mar 2023 07:19
Last Modified: 03 Mar 2023 07:19
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23384

Actions (login required)

View Item View Item