MODEL MANAJEMEN PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BERBASIS JURNALISTIK

DONALD, HARRIS SIHOTANG (2023) MODEL MANAJEMEN PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BERBASIS JURNALISTIK. Doctoral thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of COVER-LAMPIRAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen pelatihan menulis karya ilmiah berbasis jurnalistik sangat penting. Berdasarkan hasil pengumpulan data awal kemampuan menulis karya ilmiah guru di MAN 1 Bandar Lampung masih sangat rendah. Tujuan penelitian ini untuk menemukan dan mengembangkan model manajemen pelatihan penulisan karya ilmiah berbasis jurnalistik, menguji kelayakan produk, dan menguji efektivitas model yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development dengan model pengembangan ADDIE dan desain penelitian eksperimen before-after. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang kemudian hasilnya menggunakan analisis induktif. Hasil penelitiannya adalah: 1) kemampuan awal guru dalam menulis karya ilmiah berbasis jurnalistik masih rendah, 2) analisis perlunya pengembangan program pelatihan penulisan karya ilmiah berbasis jurnalistik adalah antusias guru tinggi, kurang memahami cara menulis karya ilmiah, lebih banyak teori daripada praktik, kesulitan dalam menyusun karya ilmiah untuk naik pangkat, 3) desain pelatihan penulisan karya ilmiah berbasis jurnalistik adalah tujuan, persyaratan peserta dan instruktur, model pengembangan, metode, modul, dan evaluasi, 4) pengembangan desain pelatihan penulisan karya ilmiah berbasis jurnalistik adalah rancang bangun pelatihan, pengembangan modul, validasi modul, dan kepraktisan modul, 5) penilaian dari validator ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain bahwa produk model manajemen pelatihan penulisan karya ilmiah berbasis jurnalistik layak digunakan, 6) implementasi pelatihan penulisan karya ilmiah berbasis jurnalistik adalah pelaksanaan, instruktur, dan penyelenggara, 7) evaluasi pelatihan penulisan karya ilmiah berbasis jurnalistik adalah pelatihan penulisan karya ilmiah berbasis jurnalistik meningkatkan kemampuan guru 70% dan mampu menghasilkan output pelatihan dalam bentuk karya tulis opini yang sesuai dengan sistematika dan persyaratan tulisan opini, dan 8) efektifitas pelatihan penulisan karya ilmiah berbasis jurnalistik adalah ada peningkatan kemampuan guru dalam menulis karya ilmiah setelah mengikuti pelatihan, dan ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan guru dalam menulis karya ilmiah berbasis jurnalistik sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan. Kata Kunci: model, manajemen, pelatihan, penulisan, karya ilmiah, jurnalistik iv ABSTRACT Journalism-based scientific writing training management is very important. Based on the results of initial data collection, the ability to write scientific papers for teachers at MAN 1 Bandar Lampung is still very low. The purpose of this study was to find and develop a journalism-based scientific paper writing training management model, test the feasibility of the product, and test the effectiveness of the developed model. This study used a research and development experimental research design before-after. Collecting data using questionnaires, interviews, observation, and documentation, which then results using inductive analysis. The results of the research are: 1) the teacher's initial ability to write journalism-based scientific work is still low, 2) analysis of the need to develop a journalistic-based scientific work writing training program is high teacher enthusiasm, lack of understanding of how to write scientific papers, more theory than practice, difficulty in compile scientific work for promotion, 3) design of training for writing journalistic-based scientific papers is the objective, requirements of participants and instructors, development models, methods, modules, and evaluation, 4) development of training design for writing journalistic�based scientific papers is a design for training, development module, module validation, and practicality of the module, 5) assessment from material expert validators, linguists and design experts that the product management model for journalistic-based scientific writing training is feasible to use, 6) implementation of journalism-based scientific writing training is implementation, instructors, and organizer, 7) evaluation of journalism-based scientific writing training is training in writing journalistic-based scientific papers increasing the ability of teachers by 70% and being able to produce output in the form of opinion writing in accordance with the systematics and requirements of opinion writing, and 8) the effectiveness of journalistic-based scientific writing training is there is an increase in the ability of teachers to write scientific papers after attending the training, and there is a significant difference between the abilities of teachers in writing journalistic-based scientific papers before and after attending the training. Keywords: model, management, training, writing, scientific work, journalism v التجريد تؼتثش إداسج اٌتذس٠ة ػٍٝ اٌىتاتح اٌؼٍّ١ح اٌمائّح ػٍٝ اٌصحافح ِّٙح ٌٍغا٠ح. استٕا ًدا إٌٝ ٔتائذ رّغ اٌث١أاخ األٌٚ١ح ، ال تضاي اٌمذسج ػٍٝ وتاتح األٚساق اٌؼٍّ١ح ٌٍّؼٍّ١ ٓفٟ اٌّذسسح اٌؼٍ١ا ٔ١زشٞ 1 تٕذس الِثٛٔذ ِٕخفضح رًذا. واْ اٌغشض ِٓ ٘زٖ اٌذساسح ٘ٛ إ٠زاد ٚتطٛ٠ش ّٔٛرد إداسج تذس٠ة ػٍٝ وتاتح اٌٛسق اٌؼٍّٟ لائُ ػٍٝ اٌصحافح ، ٚاختثاس رذٜٚ إٌّتذ ، ٚاختثاس فؼاٌ١ح إٌّٛرد اٌّطٛس. تستخذَ ٘زٖ اٌذساسح رّغ اٌث١أاخ تاستخذاَ .ٚتصّ١ ُاٌثحج اٌتزش٠ثٟ لثً ADDIEٙٔ ذ اٌثحج اٌتّٕٛٞ ِغ ّٔٛرد تطٛ٠ش .االستث١أاخ ٚاٌّماتالخ ٚاٌّالحظح ٚاٌتٛح١ك ، ٚاٌتٟ تٕتذ تؼذ رٌه تاستخذاَ اٌتحٍ١ ًاالستمشائٟ ٔتائذ اٌثحج ٟ٘: 1 )لذسج اٌّؼٍُ األٌٚ١ح ػٍٝ وتاتح اٌؼًّ اٌؼٍّٟ اٌمائُ ػٍٝ اٌصحافح ال تضاي ِٕخفضح ، 2 )تحٍ١ ًاٌحارح إٌٝ تطٛ٠ش تشٔاِذ تذس٠ثٟ ػٍٝ وتاتح اٌؼًّ اٌؼٍّٟ اٌصحفٟ ٘ٛ حّاط ِشتفغ ٌٍّؼٍُ ، ٚػذَ فّٙٗ. و١ف١ح وتاتح األٚساق اٌؼٍّ١ح ، إٌظش٠ح أوخش ِٓ اٌّّاسسح ، صؼٛتح تزّ١غ اٌؼًّ اٌؼٍّٟ ٌٍتشل١ح ، 3 )تصّ١ ُاٌتذس٠ة ٌىتاتح األٚساق اٌؼٍّ١ح اٌصحف١ح ٘ٛ اٌٙذف ، ِٚتطٍثاخ اٌّشاسو١ٚ ٓاٌّذست١ ، ٓ ّٚٔارد اٌتطٛ٠ش ، ٚاألساٌ١ة ، ٚاٌٛحذاخ إٌّط١ح ، ٚاٌتم١١ ، ُ4 )تطٛ٠ش تصّ١ ُاٌتذس٠ة ٌىتاتح األٚساق اٌؼٍّ١ح اٌصحف١ح ٘ٛ تصّ١ٌٍ ُتذس٠ة ، ٚٚحذج تطٛ٠ش ، ٚاٌتحمك ِٓ صحح اٌٛحذج ، ٚاٌتطث١ك اٌؼٍّٟ ٌٍٛحذج ، 5 )تم١١ ِٓ ُخثشاء اٌتحمك ِٓ اٌّٛاد ٚاٌٍغٛ١٠ٚ ٓخثشاء اٌتصّ١ ُأْ ّٔٛرد إداسج إٌّتذ ٌـ اٌتذس٠ة ػٍٝ اٌىتاتح اٌؼٍّ١ح اٌصحف١ح ِّىٓ االستخذاَ ، 6 )تٕف١ز اٌتذس٠ة ػٍٝ اٌىتاتح اٌؼٍّ١ح اٌمائّح ػٍٝ اٌصحافح ٘ٛ اٌتٕف١ز ، ٚاٌّذستْٛ ، ٚإٌّظّْٛ ، 7 ) تم١١ ُاٌتذس٠ة ػٍٝ اٌىتاتح اٌؼٍّ١ح اٌمائّح ػٍٝ اٌصحافح ٘ٛ اٌتذس٠ة ػٍٝ وتاتح األٚساق اٌؼٍّ١ح اٌصحف١ح اٌتٟ تض٠ذ ِٓ لذسج اٌّؼٍّ١ ٓتٕسثح 77ٚ ٪اٌمذسج ػٍٝ إٔتاد ِخشراخ ػٍٝ شىً وتاتح سأٞ ٚفك ِٕٙز١اخ ِٚتطٍثاخ وتاتح اٌشأٞ ، 8 )فاػٍ١ح اٌتذس٠ة ػٍٝ اٌىتاتح اٌؼٍّ١ح اٌصحف١ح ً٘ ٕ٘ان ص٠ادج فٟ لذسج اٌّؼٍّ١ ٓػٍٝ وتاتح األٚساق اٌؼٍّ١ح تؼذ حضٛس اٌتذس٠ة ، ٕٚ٘ان فشق وث١ش ت١ ٓ .لذساخ اٌّؼٍّ١ ٓفٟ وتاتح األٚساق اٌؼٍّ١ح اٌصحف١ح لثً رٌه. ٚتؼذ حضٛس اٌتذس٠ة ّٔٛرد ، إداسج ، تذس٠ة ، وتاتح ، ػًّ ػٍّٟ ، صحاف :الكلمات المفتاحية

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Feb 2023 04:49
Last Modified: 20 Feb 2023 04:49
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23215

Actions (login required)

View Item View Item