DINDA, AZZAHRA (2023) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS AL-KHAIRIYAH SIDOMULYO LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Kepemimpian kepala madrasah adalah kemampuan seseorang dalam proses mempengaruhi, membimbing, mendorong, menggrakkan dan mengarahkan orang lain dalam hal pembelajaran sehingga dapat berjalan dengan efektif. Kepemimpinan kepala madarash juga merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan visi, misi tujuan dan sasaran sekolahnya melalui program-program yang dilaksanakan secara terencana. Kinerja guru merupakan hasil kerja guru yang dapat dicapai oleh seorang guru dilembaga pendidikan atau madrasah dengan tugas serta tanggung jawabnya, dan kinerja guru juga merupakan faktor yang menentukan berkualitas tidaknya suatu madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian dari penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum dan perwakilan guru di MTS Al-Khairiyah Sidomulyo Lampung Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yag berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan dengan memaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTS Al�Khairiyah telah melaksanakan perannya sebagai leader dengan baik. Hal ini dilihat dari beberapa indikator yaitu : 1. Menggerakan, 2. Mengarahkan, 3. Membimbing, 4. Membina, 5. Memberi dorongan, 6. Memberi bantuan. Dengan demikian bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru sangat berperan penting terhadap kemajuan kualitas pembelajaran sehingga dapat mendorong kualitas mutu pendidikandimana kinerja para tenaga pendidikan merupakan kunci keberhasilan dalam dunia pendidikan. Kata Kunci : Kepala Madrasah, Kinerja Guru iv ABSTRACT The leadership of the madrasah head is one’s ability in the processnto influence, guide, encourage, and direct others in learning so that they can walk effectively. The head of the madrasah is the highest office in the madrasah, so it can play a part in improving teacher’s performance. The leadership of the head of madrasah is also one of the factors that can encourage a school to be able to realize its vision, purpose and objective through programs carefully executed. A teacher’s performance is the result of a teacher’s work that can be accomplished by a teacher’s performance also determines the quality or quality of a madrasah. It’s qualitative study, the research subject of this study is the head of the madrasah, curriculum representative, and teacher representatives at MTS Al-Khairiyah Sidmulyo, date validity tests werw made with source triangulation. Data analysis is done by giving meaning to the successfully collected data and from that sense it is draw by descriptive expounding. This study suggests that the madrasah leadership in improving teacher performance in MTS Al-Khairiyah Sidomulyo has done its role as good leader. This is viewed from several indicators of : 1. Moving, 2 Steer, 3. Guiding, 4. Upbuilding, 5. Give Encouragement, 6. A helping had. This, the leadership of the madrasah in improving teacher performance plays a crucial role in the quality of learning that can promote the quality of learning that can promote the quality of education where the performance of the education force is the key to success in the word of education. Keywords : Head Of Madrasah, Teacher Performance
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 08:15 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 08:15 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23188 |
Actions (login required)
View Item |