KEPEMIMPINAN TRASFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA ISLAMI DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU BAITUL JANNAH BANDAR LAMPUNG

NUR, ALIA ALHAQ (2023) KEPEMIMPINAN TRASFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA ISLAMI DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU BAITUL JANNAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NUR ALIA ALHAQ.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini yaitu masih banyaknya siswa siswi yang nakal sehingga perlu adanya bimbingan keagamaan, guru yang kurang patuh terhadap aturan sekolah, dan masih adanya siswa yang belum fasih membaca Al-Qur’an sehingga membuat peneliti ingin meneliti lebih dalam mengenai bagimana kepemimpinan kepala sekolah dalam hal meningkatkan budaya islami agar lebih maju. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan penelitian untuk mengetahui peningkatan budaya islami bagi guru, staf maupun murid di SDIT Baitul Jannah Bandar Lampung. Penelitian dengan menerapkan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah. Oleh karena itu penenlitian ini ditetapkan. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, penelitian ini menggunakan teknik penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi, data primer diperoleh langsung dari hasil wawancara yang telah dilakukan peneliti kepada kepala sekolah, guru dan staf di SDIT Baitul Jannah Bandar Lampung, data sekundernya itu sendiri diperoleh dari dokumen berupa profil sekolah, data prestasi siswa, data jumlah guru dan murid. Hasil penelitian yang telah dilakukan tersebut kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan budaya islami di SDIT Baitul Jannah Bandar Lampung telah berjalan sesuai dengan aturan yang dibentuk, dalam kegiatan guru memperhatikan materi yang akan disampaikan dalam proses belajar mengajar serta mengaitkan materi yang sedang dipelajari dengan nilai-nilai keislaman yang tertera dalam Al-Quran, selain itu sebelum melaksanakan pembelajaran dikelas para guru dan murid menerapkan sircle time yang di arahkan oleh kepala sekolah berupa membaca asmaul husna dan murojaah surat-surat pendek dan melaksanakan sholat dhuha bersama seluruh elemen sekolah baik kepala sekolah, staf dan murid di hari jumat, serta ada program tahsin dan tahfidz untuk para murid yang belum fasih dalam membaca Al-Qur’an. Selain itu, kepala sekolah telah menerapkan sistem berpakaian Syar’i dan liqo (mentoring keagamaan) sejak masa kepemimpinannya di mulai yaitu iii tahun 2018. Hal ini dilakukan supaya terjadi kesinambungan antara guru dan murid serta kepala sekolah untuk melakukan perubahan yang lebih baik lagi untuk kedepannya dalam hal peningkatan nilai-nilai budaya islami di sekolah. Dalam pelaksanaan pemimpin maupun kinerjanya masih terdapat kendala dalam proses pelaksanaanya yaitu kendala guru yang kurang antusias dalam kegiatan mentoring keagamaan dan berpakaian syar’i di awal tahun kepemimpinan kepala sekolah. Kata kunci: Kepemimpinan transformasional, Budaya Islami iv ABSTRACT The problem in this study is that there are still many naughty students so there is a need for religious guidance, teachers who are not obedient to school rules, and there are still students who cannot read Iqro' and the Qur'an so that researchers want to research more deeply about how leadership of the school principal in terms of improving Islamic culture to be more advanced.This study aims to describe the implementation of research to determine the increase in Islamic culture for teachers, staff and students at SDIT Baitul Jannah Bandar Lampung. Research by applying the principal's transformational leadership style. Therefore this research was set. The research method used is a qualitative method, this research uses observation, interview and documentation research techniques. Primary data is obtained directly from the results of interviews that have been conducted by researchers to school principals, teachers and staff at SDIT Baitul Jannah Bandar Lampung, the secondary data itself is obtained from documents in the form of school profiles, student achievement data, data on the number of teachers and students. The results of the research that has been carried out are the transformational leadership of the principal in improving Islamic culture at SDIT Baitul Jannah Bandar Lampung has been running according to the rules that have been established, in teacher activities pay attention to the material that will be conveyed in the teaching and learning process and associate the material being studied with values Islamic teachings contained in the Koran, besides that before carrying out learning in class the teachers and students apply circle time directed by the principal in the form of reading asmaul husna and murojaah short letters and carrying out dhuha prayers with all elements of the school both the principal, staff and students on Fridays, and there are tahsin and tahfidz programs for students who are not yet fluent in reading the Qur'an. In addition, the school principal has implemented the Syar'i and liqo (religious mentoring) dress system since his leadership period began, namely in 2018. This v is done so that there is continuity between teachers and students and the school principal to make even better changes in the future. in terms of increasing Islamic cultural values in schools. In the implementation of leaders and their performance there are still obstacles in the implementation process, namely the constraints of teachers who are less enthusiastic about religious mentoring activities and dress in syar'i at the beginning of the school principal's leadership year. Keywords: Transformational leadership, Islamic culture

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Feb 2023 06:43
Last Modified: 15 Feb 2023 06:43
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23170

Actions (login required)

View Item View Item