PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGELOLA LINGKUNGAN SOSIAL BUDAYA DI SMK NEGERI 1 ABUNG SURAKARTA LAMPUNG UTARA

RISKIE, YANA YUSUF (2023) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGELOLA LINGKUNGAN SOSIAL BUDAYA DI SMK NEGERI 1 ABUNG SURAKARTA LAMPUNG UTARA. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL BAB FIX KIKI UIN NEW (1).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi yang digunakan dalam mengembangkan mutu guru di SMK Negeri 1 Abung Surakarta yaitu dengan cara pendekatan kepada masing-masing guru yang bertujuan untuk mengajak diskusi bagaimana caranya agar nantinya sekolah ini mendapatkan predikat baik terutama dalam bidang pembelajaran yang aktif, efektif dan inovatif sehingga mendapatkan output yang bermutu. Tenaga pendidik yang ada di SMK Negeri 1 Abung Surakarta banyak dikirim untuk mengikuti pelatihan dalam pengembangan sumberdaya guru banyak diikutkan dalam program peningkatan profesionalisme guru, di antaranya adalah mengikutsertakan seminar, pelatihan, penataran, lokakarya dan diklat. Lembaga ini menjadi lembaga pendidikan yang sangat diminati sehingga peserta didik yang mendaftar melebihi jumlah yang telah ditargetkan untuk diterima sebagai peserta didik. Lembaga ini memiliki fasilitas dan sarpras yang memadai untuk menunjang proses belajar mengajar, semua ini diusahakan agar kondisi sosial budaya yang tercipta di SMK N Abung Surakarta dapat berpengaruh pada masyarakat terutama peserta didik yang tinggal di sekitar sekolah. Penelitian difokuskan pada peran kepala Sekolah dalam mengelola lingkungan sosial budaya di SMKN 1 Abung Surakarta. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana strategi Kepala Sekolah dalam membentuk lingkungan sosial budaya di SMK Negeri 1 Abung Surakarta Lampung Utara? 2. Apa sajakah tantangan dalam pengembangan lingkungan sosial budaya di SMK Negeri 1 Abung Surakarta Lampung Utara? 3. Bagaimana peran lingkungan sosial budaya di SMK Negeri 1 Abung Surakarta Lampung Utara terhadap masyarakat? Ruang lingkup penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Abung Surakarta Lampung Utara yang beralamat di Jl. Usaha Tani, Tata Karya Sidorukun kelurahan Tata Karta Kecamatan Abung Surakarta Kabupaten Lampung Utara. Adapun metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian kualitatif ini adalah dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi., Miles dan Humberman mengemukakan tiga tahapan yang harus dikerjakan dalam menganalisis data kualitatif, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verifying. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Strategi Kepala Sekolah dalam membentuk lingkungan sosial budaya di SMK Negeri 1 Abung Surakarta Lampung yaitu melalui proses pembelajaran, jadi semua guru harus menyelipkan pembelajaran atas pentingnya melestarikan lingkungan, kemudian yang kedua pembiasaan, pembiasaan pola hidup bersih,sehat, dan pembiasaan untuk memanfaatkan sumber daya secara bijaksana, tidak melakukan pemborosan seperti listrik, air dan lain-lain. Tantangan dalam pengembangan lingkungan sosial budaya di SMK Negeri 1 Abung Surakarta Lampung Utara ialah kurangnya kesadaran warga sekolah dalam menaati peraturan terutama siswa dalam menaati peraturan yang ada sangatlah minim, ada yang masih membuang sampah sembarangan dan masih mencemari lingkungan sehingga ini bertentangan dengan tujuan pengembangan lingkungan sosial budaya yang baik. Peran lingkungan sosial budaya di SMK Negeri 1 Abung Surakarta Lampung Utara terhadap masyarakat yaitu peran kepala sekolah sebagai manajer harus bisa membagikan tugas dan tanggung jawab kepada bawahannya dan peran kepala sekolah sebagai supervisor yaitu melihat bagaimana belajarnya, bagaimana gurunya, maka evaluasi ketika rapat, misalnya guru ketika mengajar sering bermain HP, sering tidak masuk, maka ketika rapat kepala sekolah menegur secara baik-baik. Supervisi yang kepala sekolah lakukan sebanyak 2 minggu sekali. Akan tetapi belum ada peran Educator, Administrator, Innovator, Motivator, dan Leader yang tidak sesuai teori. Kata kunci: Penerapan Etika Bisnis Islam, Komunikasi Pemasaran

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Feb 2023 06:44
Last Modified: 14 Feb 2023 06:44
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23144

Actions (login required)

View Item View Item