IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 18 BANDAR LAMPUNG

Karmila, Ana (2017) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 18 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_ANA_KARMILA.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Manajemen kelas merupakan substansi penting dalam kompetensi professional guru. Keberadaannya cukup berpengaruh dalam pergeseran paradigma pendidikan, peserta didik bukan lagi subyek yang harus selalu aktif, sedangkan guru bukan lagi sebagai pusat pembelajaran melainkan bertindak sebagai fasilitator dan manajer kelas serta bertanggung jawab pada pelaksanaan proses pembelajaran yang kondusif dan bermakna dengan jalan memberdayakan segala komponen dalam kelas dan hal-hal yang mendukung lainnya. Berdasarkan hasil prasurvey di SMPN 18 Bandar Lampung bahwa ada beberapa indikator yang tidak dilaksanakan, yaitu: pengaturan minat/perhatian, pengaturan gairah belajar, dan penempatan peserta didik. Dengan demikian rumusan masalah yang yang penulis kemukakan adalah bagaimana implementasi manajemen kelas dalam proses pembelajaran PAI di SMPN 18 Bandar Lampung dan apa saja faktor penghambat dalam pelaksanaan manajemen kelas. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen kelas dalam proses pembelajaran PAI di SMPN 18 Bandar Lampung dan untuk mengetahui faktor penghambat dalam pelaksanaan manajemen kelas. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi analisis dengan pendekatan kualitatif. yaitu pendekatan yang menghasilkan berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Dengan mengambil latar belakang SMPN 18 Bandar Lampung. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah empat guru PAI dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan berbagai cara antara lain wawancara, observasi, pengumpulan dokumentasi, yang berhubungan dengan objek yang diteliti. Kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan pada guru dan calon guru akan pentingnya manajemen kelas dalam proses pembelajaran sehingga tercapai suatu tujuan yang telah ditentukan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi manajemen kelas dalam proses pembelajaran PAI di SMPN 18 Bandar Lampung adalah: (a) pengaturan peserta didik (b) pengaturan fasilitas. (2) faktor penghambat manajemen kelas dalam pembelajaran PAI di SMPN 18 Bandar Lampung adalah (a) faktor siswa yaitu kekurangsadaran siswa dalam memenuhi tugas dan haknya sebagai anggota satu kelas dan pelanggaran tata tertib sekolah, dan (b) faktor fasilitas yaitu kurangnya alat media, seperti LCD, buku, dan alat peraga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 20 Nov 2017 02:05
Last Modified: 20 Nov 2017 02:05
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2310

Actions (login required)

View Item View Item