PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK TERHADAP PENINGKATAN MUTU MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI DI BANDAR LAMPUNG

DESNILAWATY, Hasrori Dinal (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK TERHADAP PENINGKATAN MUTU MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI DI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Repository.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of TESIS LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Peningkatan mutu madrasah bukanlah hal yang mudah, perlu perbaikan dan peningkatan mutu yang berkelanjutan. Upaya peningkatan mutu madrasah dipengaruhi oleh beberapa faktor, dari beberapa faktor tersebut terkait dengan kepemimpinan kepala madrasah dan kompetensi tenaga pendidik. Kepemimpinan kepala madrasah dan kompetensi tenaga pendidik yang baik akan meningkatan mutu madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya: (1) Pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap peningkatan mutu MTs Negeri di Bandar Lampung. (2) Pengaruh kompetensi tenaga pendidik dalam hal ini adalah guru terhadap peningkatan mutu MTs Negeri di Bandar Lampung. (3) Pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan kompetensi tenaga pendidik terhadap peningkatan mutu MTs Negeri di Bandar Lampung secara bersama. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data hasil penelitian di analisis dengan analisa deskriptif berbantukan SPSS 24. Data dari masing-masing variabel dikumpulkan secara terpisah melalui mengisi kuesioner yang disusun. Sampel dalam penelitian ini adalah 70 tenaga pendidik yang ditentukan secara acak (random sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif kepemimpinan kepala madrasah terhadap peningkatan mutu madrasah. Hal ini membuktikan bahwa peningkatan kepemimpinan kepala madrasah dapat meningkatkan mutu madrasah. Kedua, terdapat pengaruh positif kompetensi tenaga pendidik terhadap peningkatan mutu madrasah. Hal ini membuktikan bahwa peningkatan kompetensi tenaga pendidik dapat meningkatkan mutu madrasah. Ketiga, pengaruh positif secara bersama-sama kepemimpinan kepala madrasah dan kompetensi tenaga pendidik terhadap peningkatan mutu madrasah. Hal ini membuktikan bahwa peningkatan kepemimpinan kepala madrasah dan kompetensi tenaga pendidik dapat meningkatkan peningkatan mutu madrasah. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh positif kepemimpinan kepala madrasah dan kompetensi tenaga pendidik terhadap peningkatan mutu Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) di Kota Bandar Lampung. Hal ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan peningkatan mutu madrasah harus senantiasa memperhatikan kedua elemen tersebut. Dengan kata lain bahwa peningkatan mutu madrasah dapat ditingkatkan seiring dengan peningkatan kualitas kepemimpinan kepala madrasah dan kompetensi tenaga pendidik. Kata kunci: kepemimpinan kepala madrasah, kompetensi tenaga pendidik, mutu madrasah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:52
Last Modified: 27 Jan 2023 02:52
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22923

Actions (login required)

View Item View Item