Indah, Purnama Sari (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang telah dilakukan oleh peneliti memperoleh keterangan bahwa pendidik sudah menggunakan media pembelajaran berupa gambar dan video dari laman youtube tatapi masih jarang menggunakan media pembelajaran berupa softwhare/multimedia yang interaktif, efektif dan efisien. Sehingga peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang interaktif yang didalamnya terdapat soal yang memberikan feedback sebagai evaluasi langsung dan media ini juga sudah merangkum keseluruhan menjadi satu di dalamnya seperti terdapat materi, animasi bergerak, video, quiz, kd dan ki, dapat digunakan untuk belajar mandiri dan pembelajaran online maupun offline. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif berbasis Articulate Storyline pada pembelajaran tematik kelas IV SD/MI untuk mengetahui respon peserta didik dan pendidik tentang media interaktif yang dikembangkan. Metode penelitian pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli bahasa, serta respon pendidik dan peserta didik. Berdasarkan penelitian pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline pada pembelajaran Tematik memperoleh nilai rata-rata dari ahli media sebesar 92% dengan kriteria sangat layak, nilai rata-rata ahli materi sebesar 86,57% dengan kriteria sangat layak, nilai rata-rata ahli bahasa sebesar 85% dengan kriteria sangat layak, dan penilaian respon pendidik memperoleh nilai rata-rata sebesar 97% dengan kriteria sangat layak, tahap uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata-rata presentase sebesar 89,11% dengan kriteria sangat menarik, dan uji coba kelompok besar memperoleh skor rata-rata presentase sebesar 93,64% dengan kriteria sangat menarik. Berdasarkan uraian di atas maka produk yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan layak digunakan. Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline iii ABSTRACT Based on the analysis the researcher , educators used learning media which are picture and videos youtube, but it’s still rarely used multimedia interaktif, effective and efficient. So that students need interactive learning media in which there are questions that provide feedback as an direct evaluation and these media have also summarized the whole into the one as there are material, motion animation, videos, quiz, basic competence and core competence, that can be used to self-study and offline or online learning. The study aims to develop interactive learning media based on Articulate Storyline at the Fourth Grade thematic study to know responses of the students and the teachers about the interactive media developed. The research method used ADDIE technique in the form of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Data collection techniques in this research used a validation questionnaire from media experts, material experts, linguists, as well as the responses of educators and students. From the research, the average value of media experts was 92% very suitable criteria, the average value of material experts was 86.57% very suitable criteria, the average value of linguists was 85% very suitable criteria, and the assessment of the teacher's response obtained an average score was 97% very suitable criteria, the small group trial stage obtained an average percentage score was 89.11% very suitable criteria, and the large group trial obtained an average percentage score was 93,64% very suitable criteria. Based on the description above, the product developed by the researcher is suitable to use. Keyword: interactive learning media, Articulate Storyline
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 06:23 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 06:23 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22879 |
Actions (login required)
View Item |