PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN LEAFLET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI MI MASYARIQUL ANWAR DUPA

ARONI, Sarba'i (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN LEAFLET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI MI MASYARIQUL ANWAR DUPA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of ARONI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Model Pembelajaran adalah strategi yang digunakan dalam dunia pendidikan dengan menerapkan pada mata pelajaran tertentu. Rendahnya motivasi belajar peserta didik, pemilihan model pelajaran yang belum sesuai dan masih berpusat dengan pendidik, kurangnya alat atau media sebagai alat bantu dalam pelajaran. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan berpikir kritis peserta didik sehingga peserta didik Mampu meningkatkan konsep pemahaman IPA Kelas V di MI Masyariqul Anwar Dupa. Penelitian ini menerapkan Pembelajaran model think pair share berbantuan Leafleat pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Dengan teknik pengumpulan data observasi, tes, angket, dokumentasi. Peneliti ini digunakan dengan tiga siklus dengan tiga kali pertemuan. Berdasarkan penelitian tersebut penulis dapat memperoleh hasil data yaitu pada rata-rata hasil motivasi belajar peserta didik mencapai rata-rata terlihat dari hasil motivasi belajar pada siklus I sebesar 59,8%, yang belum mencapai keberhasilan motivasi belajar, kemudian dilanjutkan pada siklus ke II meningkat menjadi 78,6 selisih peningkatan siklus 1 ke siklus 2 yaitu (18,8%) dan pada siklus III meningkat menjadi 86,7% selisih peningkatan siklus 2 ke siklus 3 yaitu (8,1%), dan telah mencapai kriteria keberhasilan. Sedangkan pada hasil tes berpikir kritis belajar peserta didik mengalami peningkatan setiap siklus yaitu dengan nilai rata-rata pada siklus I 54,2%, pada siklus II meningkat menjadi 65,7% (11,5%) kemudian di siklus III meningkat menjadi 83,8% selisih siklus 2 ke siklus 3 (18,1%) dengan indikator ketuntasan 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan ada peningkatan motivasi belajar dan berpikir kritis pelajaran IPA peserta didik kelas V MI Masyariqul Anwar Dupa Bandar lampung. Daftar Referensi : Kata Kunci : Pemahaman Konsep IPA, Motivasi Belajar, Leafleat, think pair share

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:55
Last Modified: 25 Jan 2023 05:10
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22874

Actions (login required)

View Item View Item