EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV MIN 2 PRINGSEWU

DWI, KURNIAWATI (2023) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV MIN 2 PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL  DWI KURNIAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan penelitian di MIN 2 Pringsewu pendidik kurang memanfaatkan media pembelajaran secara optimal sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses belajar mengakibatkan hasil belajar peserta didik rendah. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan oleh pendidik sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar. Media pembelajaran pop up book diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran pop up book terhadap hasil belajar pembelajaran tematik. Penelitian yang dilakukan penulis ialah penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experiment dan desain yang digunakan yaittu Pretest-Postest Control Group Design. populasi pada penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas IV MIN 2 Pringsewu Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu yang terdiri dari kelas IV A dan IV B. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Random Sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini kelas IV A sebagai kelas ekperimen sebanyak 30 peserta didik dan kelas IV B sebagai kelas kontrol sebanyak 30 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tertulis yang dipakai berbentuk pilihan ganda dan dokumentasi. Metode analisis data terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis pengolahan data nilai menggunakan uji hipotesis di peroleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang memiliki nilai lebih kecil dari nilai kriteria 0,05, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak iv maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media pembelajaran pop up book dan media pop up book efektif terhadap hasil belajar peserta didik MIN 2 Pringsewu. Kata Kunci : Media Pembelajaran Pop Up Book, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2023 07:05
Last Modified: 17 Jan 2023 07:05
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22729

Actions (login required)

View Item View Item