PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, & MATHEMATICS (STEM) PADA MATERI IPA MI/SD

MEI, ARNIA SARI (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, & MATHEMATICS (STEM) PADA MATERI IPA MI/SD. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI MEI ARNIA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e�modul berbasis pendekatan STEM pada materi IPA MI/SD. Untuk melihat kelayakan dan respon dari pendidik dan peserta didik terhadap bahan ajar e-modul berbasis pendekatan STEM pada pokok bahasan materi IPA kelas IV SD/MI tentang “Bunyi dan Sumber Energi” . Penelitian dijalankan menggunakan Research & Development (R&D). Sedangkan metode yang dipakai didalam penelitian ini menggunakan metode ADDIE dengan 5 tahapan, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Tahap validasi desain melibatkan 6 orang subjek (dua ahli materi, dua ahli media, dan dua ahli bahasa) dilibatkan untuk menilai kelayakan materi, desain e�modul dan kelayakan bahasa yang baik dan benar. Penilian kelayakan oleh para ahli menggunakan lembar validasi. Tahap uji coba melibatkan 49 peserta didik (17 pesera didik uji coba skala kecil dan 32 peserta didik uji coba skala besar) dan 2 pendidik dilibatkan dilibatkan untuk melihat keefektifan e-modul terebut. Penilaian kemenarikan e-modul menggunakan respon angket, yaitu respon pendidik dan peserta didik. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kelayakan oleh ahli materi layak 77,4%, dan nilai kelayakan ahli media sangat valid 84,17%, dan nilai kelayakan oleh ahli bahasa layak 79,72%. Respon peserta didik menarik 78,9% uji coba skala kecil dan sangat menarik 87% respon peserta didik uji skala besar, respon pendidik sangat valid 85,3% dan sangat valid 90,6%. Ini menunjukkan bahwa e-modul berbasis pendekatan STEM pada materi IPA MI/SD yang dihasilkan dalam penelitian ini dianggap layak untuk digunakan. Kata Kunci: E-Modul, STEM

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jan 2023 04:08
Last Modified: 16 Jan 2023 04:08
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22697

Actions (login required)

View Item View Item