UPAYA GURU DALAM MENGATASI ANAK YANG MENGALAMI GANGGUAN HIPERAKTIF (STUDI KASUS DI PAUD PERMATA BUNDA BANDAR LAMPUNG)

Resti, Yuliastari (2022) UPAYA GURU DALAM MENGATASI ANAK YANG MENGALAMI GANGGUAN HIPERAKTIF (STUDI KASUS DI PAUD PERMATA BUNDA BANDAR LAMPUNG). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL RESTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan berbagai macam upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi anak yang mengalami gangguan hiperaktif di Paud Permata Bunda Bandar Lampung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana perilaku anak yang mengalami gangguan hiperaktif di PAUD Permata Bunda Bandar Lampung dan Bagaimana upaya guru dalam mengatasi permasalahan anak yang mengalami gangguan hiperaktif di PAUD Permata Bunda Bandar Lampung?” Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan guru dan anak-anak Paud Permata Bunda yang berjumlah 5 orang. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dihasilkan tersebut selanjutnya peneliti analisis menggunakan reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Data yang diperoleh tersebut untuk menguji keabsahan suatu data, maka peneliti menggunakan triangulasai Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku anak hiperaktif termasuk kedalam anak berkebutuhan khusus jenis anak dengan gangguan pemusatan dan hiperaktifitas (GPPH) dan anak lamban belajar dengan perilaku yaitu inantensi/kesulitan memusatkan perhatian, impulsif/kesulitan menahan keinginannya, hiperaktif/kesulitan untuk mengendalikan gerakan serta anak lamban belajar. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi anak yang mengalami gangguan hiperaktif adalah dengan menggunakan nada bicara yang bervariasi saat menjelaskan materi, mengatur tempat duduk anak, menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan, memberikan reward, menggunakan kontak fisik, mengajarkan anak untuk merawat benda sekitarnya, mengajarkan dan mencontohkan tindakan terpuji, memberikan nasihat, memberikan perhatian lebih banyak dan bekerjasama dengan orang tua. Kata Kunci: Anak Berkebutuhan Khusus, Gangguan Hiperaktif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jan 2023 07:49
Last Modified: 05 Jan 2023 07:49
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22549

Actions (login required)

View Item View Item