AYU, NURSAFITRI (2023) MANAJEMEN STRATEGI DALAM PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI MTs MATHLA’UL ANWAR KECAPI PADANG CERMIN PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Dalam konteks pendidikan, maka dalam lembaga pendidikan islam seharusnya turut berkontribusi dalam membangun dan meningkatkan kualitas masyarakat indonesua, dengan menciptakan generasi terbaik yaitu generasi yang berprestasi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dan mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuii Manajemen Strategi Dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam di MTs Mathla’ul Anwar Kecapi Padang Cermin Pesawaran. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Data yang di peroleh dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan ketekunan dan pengamatan dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa 1. Tahapan perencanaan dalam manajemen strategi dalam pengelolaan lembaga pendidikan islam yang terdiri dari perumusan visi misi dan nilai, analisis lingkungan internal dan eksternal, analisis pilihan strategi dan faktor kunci keberhasilan, penetapan tujuan, sasaran dan strategi, 2. Tahapan pelaksanaan manajemen strategi dalam pengelolaan lembaga pendidikan islam yang terdiri dari rencana program dan kegiatan, penganggaran/alokasi biaya, dan sistem pelaksanaan, pemantauan, dan pengawasa, 3. Tahapan evaluasi manajemen strategi dalam pengelolaan lembaga pendidikan islam yang terdiri dari pengukuran kinerja dan evaluasi kinerja, dan laporan dan pertanggungjawaban. Kata kunci: Lembaga Pendidikan Islam, Pengelolaan, Strategi. iii ABSTRACT In the context of education, Islamic educational institutions should contribute to building and improving the quality of Indonesian society, by creating the best generation, namely the generation that excels in science and technology and is able to practice it in everyday life. This study aims to determine Strategic Management in the Management of Islamic Educational Institutions at MTs Mathla'ul Anwar Kecapi Padang Cermin Pesawaran. This research method uses a qualitative approach. Data collection techniques by means of interviews, observation and documentation. The data obtained were analyzed by data reduction steps, data presentation and conclusion drawing, while the data validity test was carried out with persistence and observation and triangulation. The triangulation used in this study is source triangulation. The findings of this study indicate that 1. The stages of planning in strategic management in the management of Islamic educational institutions which consist of the formulation of the vision, mission and values, analysis of the internal and external environment, analysis of strategy choices and key success factors, setting goals, targets and strategies, 2. Stages implementation of strategic management in the management of Islamic educational institutions consisting of program and activity plans, budgeting/cost allocation, and systems of implementation, monitoring, and supervision, 3. Stages of evaluation of strategic management in the management of Islamic educational institutions which consist of performance measurement and performance evaluation, and reports and accountability. Keywords: Islamic Education Institutions, Management, Strategy.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 06:29 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 06:29 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22468 |
Actions (login required)
View Item |