PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT BERBASIS LITERASI SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS III MIN 12 BANDAR LAMPUNG

IRIEN, ANYA PERMATIA (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT BERBASIS LITERASI SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS III MIN 12 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi IRIEN ANYA PERMATIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Literasi sains adalah kemampuan menggunakan pengetahuan sains, megidentifikasi pertanyaan dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti-bukti yang ada, tetapi pada fakta lapangan peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi pelajaran saat terjadinya proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh Literasi Sains berbantuan media powerpoint terhadap hasil belajar IPA pada peserta didik kelas III di MIN 12 bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif eksperimen dan jenis eksperimen yaitu true eksperimen. Jenis penelitian ini dengan cara yang digunakan adalah menggunakan pretes dan posttes dikelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 12 Bandar Lampung dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik Cluster Random Sampling. Pengambilan sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelompok kelas diantaranya kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana kelas eksperimen tersebut adalah kelas III A dan untuk kelas kontrol adalah kelas III C. Dengan teknik pengambilan data menggunakan tes. Data diperoleh dari buku-buku tentang Literasi Sains dalam pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat dikatakan bahwa Literasi Sains dalam perhitungan Uji-T, didapat nilai sig 0,000 maka jika nilai sig 0,005 (5%) pada sig (2-tailed) maka H0 ditolak dan diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media powerpoint berbasis literasi sains terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas III di MIN 12 Bandar Lampung dan pembelajaran IPA berbantuan media powerpoint dapat berdampak atau berpengaruh positif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Media Powerpoint, Literasi Sains, Hasil Belajar IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jan 2023 07:26
Last Modified: 02 Jan 2023 07:26
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22448

Actions (login required)

View Item View Item