HUBUNGAN STRATEGI KOPING DAN KECERDASAN EMOSI DENGAN PENYESUAIAN AKADEMIK SANTRI DI PONDOK PESANTREN

Dimas, seto wardana (2022) HUBUNGAN STRATEGI KOPING DAN KECERDASAN EMOSI DENGAN PENYESUAIAN AKADEMIK SANTRI DI PONDOK PESANTREN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of DIMAS FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan Strategi Koping dan Kecerdasan Emosi Terhadap Penyesuaian Akademik Pondok Pesantren Oleh: Dimas Seto Wardana Penyesuaian akademik adalah kemampuan seorang individu dalam menghadapi tuntutan-tuntutan dan syarat-syarat kehidupan akademik agar tuntutan-tuntutan tersebut terpenuhi secara cukup, tuntas, dan memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan strategi koping dan kecerdasan emosi terhadap penyesuaian akademik. Adapun hipotesis pada penelitian ini yaitu Ada hubungan trategi koping dan kecerdasan emosi terhadap penyesuaian akademik santri dipondok Pesantren, Mengetahui hubungan antara strategi koping terhadap penyesuaian akademik dipondok pesantren, Mengetahui hubungan anatara kecerdasan emosi terhadap penyesuaian akademik dipondok pesantren. Populasi dalam penelitian ini ialah Populasi dalam penelitian ini adalah santri kelas 1 (satu) Aliyah yang telah mengikuti tahun pertama program akademik di pondok pesantren Darul Huffaz. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 87 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala psikologi meliputi Skala penyesuaian akademik berjumlah 35 aitem (α = 0,945), skala strategi koping berjumlah 27 aitem (α = 0,927), dan skala kecerdasan emosi berjumlah 30 aitem (α = 0,912). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda yang dibantu dengan program JASP 0.14.1.0. Data yang dianalisis menunjukkan hasil ada hubungan antara strategi koping dan kecerdasan emosi terhadap penyesuaian akademik pada santri kelas satu di pondok pesantren darul huffaz dan memberikan sumbangan efektif sebesar 21,3% dan sisanya yaitu 78,7% dapat dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar penelitian ini. Hipotesis kedua menunjukan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara strategi koping dengan penyesuaian akademik pada santri kelas satu di pondok pesantren darul huffaz. Hipotesis kedua menunjukan ada hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan penyesuaian akademik pada santri kelas satu di pondok pesantren darul huffaz Kata Kunci : Penyesuaian Akademik, Kecerdasan Emosi, Strategi Koping

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Dec 2022 07:51
Last Modified: 30 Dec 2022 07:51
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22428

Actions (login required)

View Item View Item