INCIK, FARDELIA MEIDELIN (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN LAB VIRTUAL (PHET) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI EFEK FOTOLISTRIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media berupa e�modul berbantua lab virtual (PhET) berbasis android untuk mengetahui kualitas e-modul dengan dilakukan validasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli instrumen. Dan penelitian ini melibatkan mahasiswa prodi Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung untuk mengetahui kemenarikan dan peningkatan pemahaman konsep mahasiswa pada proses praktikum dengan menggunakan e-modul berbasis android. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahap pengembangan meliputi: (1) tahap analisis (analysis), (2) tahap perancangan produk awal (design), (3) tahap pengembangan produk (development), (4) tahap uji coba produk (implementation), (5) tahap evaluasi produk (evaluation). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pengembangan e-modul berbantuan lab virtual (PhET) untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi efek fotolistrik, dinyatakan ”Sangat Layak” dilihat dari persentase validasi ahli materi sebesar 88% dengan kriteria sangat layak, persentase ahli media sebesar 90% dengan kriteria sangat layak, persentase ahli instrument 92% dengan kriteria sangat layak. Serta penilaian akhir dari mahasiswa di UIN Raden Intan Lampung prodi Pendidikan Fisika dengan skala kecil dan skala besar mendapat kriteria “Sangat Menarik” dan melihat peningkatan pemahaman konsep menggunakan perhitungan N-Gain dengan mendapatkan kriteria sedang. Sehingga e-modul pada materi efek fotolistrik sangat layak digunakan dan dapat membantu dalam peningkatan pemahaman konsep. Kata Kunci: E-Modul, Efek Fotolistrik, Pemahaman Konsep iii ABSTRACT This study aims to produce media in the form of an android�based virtual lab assisted e-module (PhET) to determine the quality of the e-module with validation by material experts, media experts and instrument experts. And this research involved students of the Physics Education Study Program, State Islamic University Raden Intan Lampung to find out the attractiveness and increase students' understanding of concepts in the practicum process using android�based e-modules. The research method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE development model with 5 stages of development including: (1) the analysis stage (analysis), (2) the initial product design stage (design), (3) the product development stage (development) , (4) product trial stage (implementation), (5) product evaluation stage (evaluation). The data obtained were analyzed using a Likert scale. Based on the research results, it was found that the development of virtual lab-assisted e-modules (PhET) to improve conceptual understanding of the photoelectric effect material, was declared "Very Eligible" in terms of the percentage of material expert validation of 88% with very feasible criteria, the percentage of media experts was 90% with very feasible criteria, the percentage of instrument experts is 92% with very feasible criteria. As well as the final assessment of students at UIN Raden Intan Lampung Physics Education study program on a small scale and large scale received the criteria "Very Interesting" and saw an increase in understanding of the concept using N-Gain calculations with moderate criteria. So that the e-module on photoelectric effect material is very feasible to use and can help in increasing understanding of the concept. Keywords: E-Module, Photoelectric Effect, Concept Understanding
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 21 Dec 2022 04:37 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 04:37 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22255 |
Actions (login required)
View Item |